BERITA UTAMAMIMIKA

Ramaikan Penas, Pemda Asmat Boyong Anggrek Khas ke Padang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Ramaikan Penas, Pemda Asmat Boyong Anggrek Khas ke Padang

Share this article
IMG 20230609 WA0011
Pejabat Karantina Pertanian Timika Wilker Pelabuhan Agats, Asmat melakukan pemeriksaan terhadap bibit anggrek

Timika, fajarpapua.com– Pejabat Karantina Pertanian Timika Wilker Pelabuhan Agats, Asmat melakukan pemeriksaan terhadap bibit anggrek sebanyak 23 batang milik Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat yang terdiri dari 14 batang anggrek salib, 4 batang anggrek biasa, 4 batang anggrek macan dan 1 batang anggrek citra, pada Rabu (7/6) lalu.

Sebelum dilalulintaskan, pejabat karantina memastikan lebih dulu bahwa tanaman yang akan dipamerkan bebas dari infestasi Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Berdasarkan hasil pemeriksaan secara visual mikroskopis pada bagian daun, batang dan akar, kami tidak temukan gejala kerusakan akibat dari aktifitas organisme pengganggu. Secara fisik, tanaman dalam kondisi baik, sehingga kami pastikan anggrek-anggrek tersebut sehat”, ujar Candra.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat Rudolf, D Noviarto mengatakan, anggrek khas nan unik ini akan dipamerkan di Pekan Nasional (PENAS) Kontak Tani Nelayan Andalan ke XVI, diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 – 15 Juni 2023.

“Kami memperkenalkan anggrek khas Asmat ke seluruh Nusantara, harapannya potensi daerah kami dapat dilirik, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan budidaya anggrek serta mendorong terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera”, imbuhnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *