BERITA UTAMAMIMIKA

Jelang Idul Adha, Karantina Pertanian Timika Catat Pemasukan Hewan Kurban Semakin Meningkat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Jelang Idul Adha, Karantina Pertanian Timika Catat Pemasukan Hewan Kurban Semakin Meningkat

Share this article
2c236472 8387 4edc a357 82dc368bcd4a
Kambing yang didatangkan dari Tual

Timika, fajarpapua.com – Peternak di Kabupaten Mimika datangkan 140 ekor kambing dari Tual, untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha 1444 Hijriah.

Ratusan kambing tersebut dikirim menggunakan KM. Sabuk Nusantara 32 dan tiba di Pelabuhan Pomako, pada Senin sore (26/06).

ads

Pejabat Karantina Hewan, drh. Stephanus mengatakan kambing yang datang sudah dilakukan pemeriksaan, meliputi kelengkapan dan kesesuaian dokumen serta kesehatan fisik.

“Dari hasil pemeriksaan fisik tidak ditemukan gejala klinis PMK, dokumen lengkap, sehingga kambing dapat dibawa ke kandang peternak. Selain itu juga, dilakukan desinfeksi alat angkut. Tujuannya untuk pencegahan terhadap penularan penyakit hewan melalui media pembawa maupun alat angkut,” kata drh. Stephanus.

Ditempat terpisah, Kepala Karantina Pertanian Timika, Ferdi, mengatakan bahwa pengiriman hewan kambing atau sapi ke Kabupaten Mimika harus didukung dan di awasi bersama agar Kabupaten Mimika tetap terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Serta Pengguna jasa yang patuh dalam melaporkan hewan ternak sebelum dilalulintaskan patut diapresiasi, karena ternak itu akan dikonsumsi oleh masyarakat dan kesehatanya harus terjamin”, tutupnya.(mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *