BERITA UTAMAPAPUA

Program DOTS Bantu Dinkes Merauke Kendalikan Tuberkulosis

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Program DOTS Bantu Dinkes Merauke Kendalikan Tuberkulosis

Share this article
0bb9b451 9e02 4158 9653 a3f0fefa7b3b
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Dr. Nevile Muskita

Merauke, fajarpapua.com–  Program DOTS atau Directly Observed Treatment, Short-course yang telah berjalan cukup lama dinilai berhasil mengendalikan tuberkulosis di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Dr. Nevile Muskita kepada wartawan di Merauke.

ads

“DOTS adalah pengawasan langsung pengobatan jangka pendek, yang bila dijabarkan pengertian DOTS dapat dimulai dengan keharusan setiap pengelola program tuberkulosis untuk direct attention dalam usaha menemukan penderita,”ucapnya.

Tuberkulosis terbagi menjadi beberapa bagian yaitu, ada tuberkulosis yang positif ada juga yang tidak positif dan ada beberapa yang di luar paruh seperti tuberkulosis tulang dan lain sebagainya.

“Semua obat untuk penderita TB baik yang positif ataupun yang ekstra paru itu di sediakan oleh Pemerintah secara gratis,”ujarnya kepada Papua selatan pos, kemarin di ruang kerjanya.

Untuk mengendalikan penyakit TB, harus fokus melakukan pemeriksaan agar bisa menemukan kasus-kasus TB yang positif dikarenakan apabila positif itu bisa menularkan ke orang lain, sehingga kita bsa memutuskan rantai penularan.

Ciri-cirinya yaitu batuk lebih dari dua minggu, berkeringat malam, dan apabila sudah terkena cukup lama maka badannya akan kurus dan pucat.

“Deteksi secara dini, ketika batuk berdahak  lebih dari dua minggu harus melakukan pemeriksaan entah itu di puskesmas ataupun rumah sakit,” katanya.

Apabila telah di temukan warga yang positif terkenah penyakit tuberkulosis wajib harus melakukan investigasi kontak.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila menemukan gejala seperti ciri-ciri tuberkulosis harus segara melakukan pemeriksaan kesehatan, apabila ada keluarga atau teman yang positif terkena tuberkulosis maka diharapkan kepada yang berkontak langsung dengan harus memeriksakan kesehatan takutnya tertular,”tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *