BERITA UTAMAPAPUA

Raih Medali Emas dan Perak pada Ajang FLS2N di Jakarta, Peserta dari Asmat Disambut Meriah di Kota Agats

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
23
×

Raih Medali Emas dan Perak pada Ajang FLS2N di Jakarta, Peserta dari Asmat Disambut Meriah di Kota Agats

Share this article
IMG 20230821 WA0009
Suasana penyambutan Peserta FLS2N Perwakilan Provinsi Papua Selatan dari Kabupaten Asmat di pelabuhan Ferry Agats, sebelum diarak keliling Kota, Minggu (20/8/23).

Asmat, fajarpapua.com – Perhelatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nusantara (FLS2N) yang berlangsung sejak tanggal 14 -19 Agustus 2023 di Jakarta telah usai.

Kegiatan yang melibatkan seluruh provinsi di Indonesia itu, menyisakan rasa bangga, entah dari para pelatih maupun pendidik yang telah dengan setia mendampingi, bahkan menemani seniman cilik dari Kota lumpur Asmat untuk berkompetisi di ajang pertunjukan seni dan budaya tersebut.

ads

Pasalnya, kompetisi di level Nasional seperti ini tak pernah terbayangkan akan dijuarai oleh anak-anak dari daerah terpencil yang notabene secara kualitas seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang yang ada di kota-kota besar seperti di Jakarta dan sekitarnya.

Raihan prestasi ini menjadi peletak dasar dalam sejarah perjalanan provinsi baru seperti Papua Selatan ini. Sebab, semenjak dimekarkan tahun lalu, ini merupakan ajang nasional pertama kali di lingkup pendidikan dan langsung menyabet juara.

Putra-putri kebanggaan Asmat diantaranya Helena Kamiripi, Arland Melkianus Wamrauw, Marsel Juan Chris Desnam yang merai medali emas kategori tari Kreasi Penyaji terbaik mewakili Provinsi Papua Selatan dari SMP Negeri 2 Agats, Kabupaten Asmat.

Sedangkan untuk jenjang SD, tercatat nama Rumaldus Yosep Yamu, Yerubal Putra K Ekpiwi dan Glen Steward Lubak Talaut dari SD YPPGI Agats dimana berhasil memperoleh medali perak kategori seni tari dengan kostum dan tatarias terbaik yang juga mewakili Provinsi Papua Selatan pada kegiatan yang diselenggarakan Oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) itu.

Pantauan fajarpapua.com, Minggu, (20/8/2023) di sekitar pelabuhan Ferry Agats, masyarakat yang tampak antusias penuh semangat menyambut kedatangan para jawara ini. Dengan busana adat, salah satu keluarga peserta FLS2N mempersembahkan tarian sebagai ungkapan kebahagiaan atas prestasi yang diraih oleh anak mereka.

Kemudian putra-putri terhebat yang telah mengharumkan nama Papua Selatan dan Kabupaten Asmat di kancah Nasional ini diarak mengelilingi kota Agats dan berakhir di lapangan Yos Sudarso Agats sembari mengungkapkan kebahagiaan dengan goyang dan sukaria bersama.

Turut hadir menjemput siswa siswi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Barbalina Toisuta, serta para pejabat di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat dan lainnya.
(Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *