BERITA UTAMAPAPUA

Trigana Air Operasikan Pesawat ATR untuk Layani Rute Penerbangan Merauke – Kepi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Trigana Air Operasikan Pesawat ATR untuk Layani Rute Penerbangan Merauke – Kepi

Share this article
IMG 20230822 WA0005
Foto bersama

Mappi, fajarpapua.com– Maskapai Trigana Air segera membuka rute penerbangan dari Bandara Mopah Merauke menuju Bandara Kepi Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan.

Untuk menggarap rute penerbangan ini, Trigana Air akan mengoperasikan pesawat jenis ATR untuk melayani penumpang yang akan mendarat di Kabupaten Mappi.

ads

Hal itu diungkapkan Sales Manager Trigana Area Papua, Budiono pada rapat bersama Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar di Pendopo, Senin (21) kemarin.

Budiono mengatakan terkait pembukaan rute penerbangan ke bandara Kepi Kabupaten Mappi menjadi salah satu program pengembangan pelayanan kepada masyarakat.

“Selama ini masyarakat di Kepi mengalami kesulitan karena dimensi pesawat yang melayani penumpang cukup kecil,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk pesawat ATR yang melayani trayek dari Merauke – Kepi pulang pergi dan dijadwalkan pelayanan tiga kali dalam satu minggu yakni hari Senin – Kamis – Sabtu.

Sementara untuk tarif penerbangan Trigana Air mematok harga antara Rp 1,3 juta hingga Rp 1,4 juta untuk sekali terbang.

Budiono menjelaskan untuk melayani rute penerbangan Bandara Mopah Merauke menuju Bandara Kepi, pihaknya mengoperasikan pesawat jenis ATR/42 dengan kapasitas 44 orang penumpang.

Selain itu pihak Trigana Air juga akan menyiapkan pesawat jenis Donier 32/800 dengan kapasitas 31 orang penumpang sebagai cadangan.

“Kami menyiapkan dua jenis pesawat nanti apabila salah satu ada kendala maka bisa diganti sehingga pelayanan tidak terganggu. Untuk trayek Merauke – Kepi maupun sebaliknya memakan waktu penerbangan sekitar 35 menit,” sebutnya.

Sementara untuk waktu pengoperasian pesawat ATR, Budiono menjelaskan jika tidak ada kendala pada September 2023 mendatang sudah mulai.

“Tetapi tergantung ijinnya juga dari pusat. Kita akan usahakan secepatnya,” pungkasnya

Sementara Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar menyambut baik rencana maskapai Trigana Air yang akan mengoperasikan pesawat jenis ATR untuk melayani warga di Kabupaten Mappi.

Menurutnya pengoperasian pesawat ATR yang memiliki kapasitas penumpang yang besar menjadi kerinduan dan harapan dari masyarakat Mappi.

Hal ini karena akses transportasi udara yang ada kurang memadai sehingga membutuhkan adanya penambahan meskapai penerbangan.

“Pada prinsipnya, Pemerintah Kabupaten Mappi bersama masyarakat berterimakasih atas pengoperasian pesawat milik maskapai Trigana Air di Bandara Kepi,” tuturnya.

Dikatakan Penjabat Bupati Mappi, pengoperasian pesawat ATR menunjukkan Trigana Air memiliki niat baik untuk membantu masyarakat di Kabupaten Mappi terutama dalam memenuhi kebutuhan transportasi udara.

“Sebenarnya ini mengobati kerinduan masyarakat yang ingin ada pesawat dengan ukuran lebih besar untuk melayani penumpang di Bandara Keppi,” tambahnya.

Mengingat selama ini pelayanan transportasi udara di Kabupaten Mappi hanya menggunakan pesawat jenis Twin Otter dan Cessna Caravan dengan kapasitas dan jumlah penumpang yang terbatas. (MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *