BERITA UTAMAPAPUA

Laksanakan Inpres Nomor 2 Tahun 2022, Pemprov Papua Tengah Kini Miliki 14 Aplikasi Katalog Elektronik Lokal

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Laksanakan Inpres Nomor 2 Tahun 2022, Pemprov Papua Tengah Kini Miliki 14 Aplikasi Katalog Elektronik Lokal

Share this article
IMG 20230824 WA0002
Sosialisasi Katalog Elektronik Lokal

Nabire, fajarpapua.com- Dalam upaya melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022, Pemprov Papua Tengah kini memiliki 14 etalase pada aplikasi katalog elektronik lokal.

Seluruh aplikasi ini saat ini telah siap diisi oleh produk penyedia Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi yang ada di daerah otonomi baru di Tanah Papua tersebut.

ads

Asisten III Bagian Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Papua Tengah, Elisabeth C menegaskan, upaya penerapan katalog elektronik lokal sejalan dengan instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi.

“Penerapan katalog ini sejalan dengan Inpres. Sekaligus ini dilakukan untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, ” ujarnya.

Menurutnya, pada katalog elektronik lokal di antaranya ada, makanan dan minuman, cenderamata Papua Tengah, seragam sekolah, belanja media, jasa kebersihan, benih hortikultura, benih tanaman pangan, benih tanaman perkebunan, hewan ternak dan beberapa jenis barang lainnya.

“Kami telah melakukan sosialisasi tentang katalog elektronik lokal di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah, dengan harapan organisasi perangkat daerah dapat memanfaatkannya,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya berharap, dengan adanya katalog ini mampu menghasilkan barang/jasa yang tepat dari sisi volume dan waktu. Dan katalog ini juga lebih banyak menyediakan produk dalam negeri.

“Kami harap, selain hasilkan barang dari tempat yang tepat, ini juga merupakan cara kita menggunakan produk dalam negeri, penciptaan lapangan pekerjaan dan kesempatan berusaha serta efisiensi belanja dan tertib administrasi pengadaan sehingga mampu mengakselerasi seluruh upaya pembangunan di Provinsi Papua Tengah,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan adanya katalog elektronik lokal ini para OPD bisa memanfaatkan sehingga menjadi pemasukan bagi pemerintah dan pelaku usaha yang ada di Papua Tengah. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *