BERITA UTAMAPAPUA

Jumat Curhat, Kapolsek Agats Bersama Anggota Turun ke Perkampungan Pedalaman Asmat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Jumat Curhat, Kapolsek Agats Bersama Anggota Turun ke Perkampungan Pedalaman Asmat

Share this article
IMG 20230903 WA0052
Kapolsek Agats AKP Okto Samosir saat mendengarkan curhatan Masyarakat Kampung Uwus-Bow.Foto: Jefri

Asmat, fajarpapua.com – Kapolsek Agats AKP Okto Samosir bersama anggota mengunjungi Kampung Uwus-Bow di wilayah hukum Polsek Agats, Jum’at (01/9).

Kunjungan tersebut menjadi bagian Jumat Curhat yang dilakukan kepolisian yang selama ini hanya berpusat di seputaran Kota Agats, Asmat, Papua Selatan.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Saat ditemui fajarpapua.com, Minggu (3/9), AKP Okto Samosir mengatakan wilayah hukum Polsek Agats juga mencakup beberapa kampung di pedalaman Asmat yang hanya dapat dijangkau dengan speed boat dan melintasi area laut, salahsatunya Kampung Uwus-Bow.

Sehingga dirinya dan jajaran Polsek Agats mempunyai tanggung jawab untuk memastikan situasi keamanan serta meminta masukan masyarakat setempat.

“Kampung Uwus-Bow ini termasuk wilayah hukum Polsek Agats. Karena itu kita lakukan kunjungan kesana dengan maksud untuk mendengarkan curhatan masyarakat terkait situasi keamanan,” ucapan Kapolsek Okto Samosir.

Dikatakan AKP Okto Samosir, masyarakat di Uwus-Bow sangat merindukan kehadiran pihak keamanan juga pemerintah, terlebih untuk mendengarkan curhatan mereka yang selama ini jarang didengarkan.

“Dengan kehadiran Polsek Agats ini membuat masyarakat merasa diperhatikan sebagai warga negara Indonesia yang juga perlu dilindungi dan diperhatikan hak-haknya,” ujarnya.

Kapolsek Agats menyampaikan masyarakat setempat sangat mengharapkan kunjungan ditingkatkan demi memberikan rasa aman dan nyaman secara khusus di Kampung Uwus-Bow.

“Masyarakat di sana sangat mengharapkan kehadiran pemerintah terkhusus dari pihak keamanan untuk dapat sering turun ke kampung-kampung sehingga dapat memberikan rasa aman kepada mereka dan dapat menjaga kamtibmas di kampung,” terangnya.

Mantan Kapolsek Sawaerma ini menandaskan dalam curhatan tersebut, pihaknya memperoleh banyak masukan dari masyarakat diantaranya mengenai permintaan perlu adanya peningkatan peran Linmas Kampung dalam menjaga dan memberikan pengamanan kepada masyarakat.

“Harapan mereka juga agar dari Polsek dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepada Linmas kampung untuk dapat menjaga keamanan kampung,” imbuh AKP Okto Samosir.

Terkait permintaan tersebut Kapolsek Agats menegaskan, pihaknya akan merespon permintaan itu dan menindaklanjutinya dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Asmat.

“Polsek Agats berupaya untuk dapat sering turun ke kampung-kampung memberikan edukasi mengenai Kamtibmas serta agar dapat mengurangi tingkat kriminalitas di Kampung Wwus dan Bow,” katanya.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Kesbangpol Asmat untuk dapat bersinergi dalam melaksanakan pelatihan terhadap Linmas dan dapat diberikan seragam baru untuk persiapan Pemilu 2024,” pungkas Okto Samosir. (jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *