BERITA UTAMAPAPUA

Terlibat Jaringan KKB Papua, Satgas Ops Damai Cartenz Tangkap Satu Kepala Kampung

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
23
×

Terlibat Jaringan KKB Papua, Satgas Ops Damai Cartenz Tangkap Satu Kepala Kampung

Share this article
IMG 20230903 WA0070
IMG 20230903 WA0070

Timika,fajarpapua.com- Usai penyergapan yang menewaskan tiga anggota KKB Papua, Satgas Ops Damai Cartenz juga menangkap seorang kepala kampung di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Kepala kampung itu ditangkap karena diduga terlibat serta menjadi orang yang memback up perjuangan KKB Papua di wilayah tersebut.

ads

Terungkap pula, oknum kepala kampung tersebut selama ini berperan sebagai salah satu penyandang dana bagi perjuangan kelompok separatis teroris tersebut.

Bahkan oknum kepala kampung itu juga berperan sebagai pemasok senjata api bagi KKB Papua.

Selain itu, kepala kampung itu juga disebut-sebut berperan aktif sebagai penyuplai semua bahan kebutuhan pokok bagi anggota KKB Papua.

Saat ini kepala desa tersebut sedang diamankan di Mapolres Nduga. Dari pemeriksaan sementara, oknum kepala kampung itu beberapa kali terlibat dalam tindakan memasok logistik bagi anggota KKB.

Selain menangkap oknum kepala kampung, aparat juga menangkap sembilan orang warga yang teridentifikasi terlibat dalam jaringan KKB.

Dari sembilan orang itu, tiga diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan terhadap dua warga sipil. Sedangkan enam lainnya saat ini sedang diperiksa secara intensif oleh penyidik Polres Yahukimo.

Dengan ditangkapnya 9 orang warga itu, kabarnya jumlah warga yang telah ditangkap oleh aparat keamanan, sebanyak 40 orang.

Para pelaku itu merupakan oknum yang terlibat dalam serangkaian kasus pembunuhan yang terjadi di beberapa daerah di Papua, seperti Yahukimo, Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak, Kabupaten Ilaga dan beberapa daerah lainnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *