BERITA UTAMAPAPUA

Asian One Alami Rem Blong di Bandara Kenyam, Begini Keterangan Manajemen

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
26
×

Asian One Alami Rem Blong di Bandara Kenyam, Begini Keterangan Manajemen

Share this article
IMG 20231009 WA0054
ilustrasi Pesawat Asian One Air.

ads

Timika, fajarpapua.com – Pesawat Asian One Air Grand Caravan C208B PK-LTF rute Kabupaten Nduga tujuan Timika mengalami insiden rem blong saat akan take off dari Bandara Kenyam, Senin (9/10) pukul 11.30 WIT.

Base Manager Asian One Air Timika, Selvi Hasna Kasi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, setelah terjadi insiden pesawat sudah kembali parkir di apron.

“Itu bukan kecelakaan yah tetapi insiden kecil saja, kalau kecelakaan itu berarti melibatkan kerusakan di dalam komponen pesawat,” katanya.

Untuk kronologi kejadian Selvi menjelaskan, pada saat di Runway 04 hendak berputar balik ke arah 04 persiapan take off pesawat mengalami blong rem kiri, sehingga pesawat tidak bisa dikendalikan kearah kiri untuk berputar. Pesawat kemudian lurus dan dicoba rem sebisa mungkin dan mematikan mesin agar tidak laju.

Lanjutnya, setelah pesawat berhenti ditolong oleh groudhandling bandara untuk mengganjal ban pesawat agar tidak tergelincir ke jurang.

“Menurut penjelasan pilot pesawat dalam keadaan normal begitu juga rem kiri normal, tiba-tiba rem kiri blong tapi akhirnya bisa berhenti dan dievakuasi kembali ditarik ke Apron,” jelasnya.

Selvi mengungkapkan, selanjutnya pesawat sudah diperbaiki oleh engineering di Kenyam kemudian terbang menuju Timika.

“Pesawat sudah diperbaiki remnya dan sudah kembali lagi ke Timika,” ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *