BERITA UTAMAJayapura

Kodam XVII/Cenderawasih Tanam 3000 Pohon di Asei Kecil Kawasan Cagar Alam Cyclop Sentani

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
20
×

Kodam XVII/Cenderawasih Tanam 3000 Pohon di Asei Kecil Kawasan Cagar Alam Cyclop Sentani

Share this article
IMG 20231214 WA0048
penanaman 3000 pohon di jalan Baru Telaga Ria Buper Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura

Jayapura, fajarpapua.com-Kodam XVII/Cenderawasih bersama pemerintah dan tokoh adat melakukan penanaman 3000 pohon di jalan Baru Telaga Ria Buper Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78.

Kegiatan yang mengusung tema TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat, dan secara terpusat penanaman pohon ini dilakukan secara video conference (vidcon) bersama Kasad Jenderal TNI Maruli Simajuntak.

ads

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, TNI melakukan penanam pohon di jalan Baru Telaga Ria Buper Asei Kecil karena lokasi tersebut salah satu penyangga kawasan Cagar Alam Cyclop dimana pada tahun 2019 terjadi banjir bandang yang menelan korban cukup banyak dan merusak sejumlah fasilitas di Sentani.

“Untuk antisipasi terjadinya kembali banjir bandang kita lakukan penanam pohon di Asei Kecil sebagai salah satu titik yang menyangga daerah Sentani, tetapi masih banyak juga titik lain yang terus kita tanami,”jelas Pangdam Izak Pangemanan kepada wartawan usai melakukan penanaman pohon, Kamis (14/12).

TNI bersama semua kompenen, Pemda, masyarakat dan semua ormas akan terus melakukan penanaman pohon di daerah ini agar terlindungi dari bencana alam, namun yang menjadi masalah sekarang ini adalah masih adanya pembakaran yang dilakukan oleh masyarakat sehingga membuat kawasan itu rusak atau gundul.

“Kita saat ini memang terkendala, karena setiap kali kita menanam pohon selalu ada pembakaran oleh masyarakat. Ya sebenarnya mereka mungkin tidak sengaja karena mereka tidak sadar membuang puntung rokoknya sembarangan dengan kondisi rumput kering sehingga muda terbakar,”kata Pangdam.

Ia berharap pada masyarakat agar bersama-sama menjaga kawasan cagar alam Cyclop dengan tidak melakukan pembakaran atau membuang puntung rokok sembarang yang bisa menyebabkan pembakaran lahan hijau yang lain, dan pohon yang ditanam ini bisa tumbuh.

“Kalau pohon yang kita tanam ini tumbuh bisa mengembangkan komoditi yang lain seperti kopi. Saat ini ada tumbuh kopi didataran ini yaitu jenis kopi liberika yang bisa memberikan sumber penghasilan kepada masyarakat di sekitar kawasa cagar alam Cyclop dan juga akan menyediakan air bagi masyarakat Sentani,”pungkasnya.

Pangdam menambahkan penanaman pohon dilingkungan Kodam XVII/Cenderawasi ini juga dilakukan di jajaran TNI AD Biak, dan Merauke.

Ondoafi Asei Kecil, Lot Pepuho menyampaikan apresiasi kepada TNI yang telah melakukan penanaman pohon atau penghijauan dilokasi tersebut.

“Kami berharap pohon ini dijaga, kalau bisa anak-anak kami yang dari kampung direkrut pemerintah untuk jaga,”ujarnya.

Hal ini disampaikan karena sering terjadi pembakaran lahan oleh masyarakat yang terus berlangsung. “Jadi kalau kalau anak-anak kami direkrut jaga kawasan ini bisa terlindungi dari pembakaran,”ucapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *