BERITA UTAMAJayapura

Polda Papua Gelar FGD Antisipasi Potensi Kerawanan Kamtibmas Pemilu 2024, KPU Kesiapan Logistik Pemilu Alami Kendala

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
17
×

Polda Papua Gelar FGD Antisipasi Potensi Kerawanan Kamtibmas Pemilu 2024, KPU Kesiapan Logistik Pemilu Alami Kendala

Share this article
IMG 20240117 WA0098
Wakapolda Papua saat memimpin FGD

Jayapura, fajarpapua.com – Guna mengantisipasi potensi kerawanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polda Papua mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini dipimpin oleh Wakapolda Papua, Brigjen. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin dengan mengusung tema “Mengantisipasi Potensi Kerawanan Kamtibmas Jelang Pemilu Tahun 2024” yang dilaksanakan Hotel Fox Jayapura, Rabu (17/1).

Wakapolda Papua menyampaikan bicara soal aman dan damai harus diurai indikatornya, sehingga melalui FGD ini adalah momen yang tepat untuk berdiskusi membuat damai Pemilu di Tanah Papua khususnya di Provinsi Papua.

ads

“Tugas kita bersama pada agenda tahun 2024 adalah menyelenggarakan dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024,” ucap Wakapolda Papua.

Wakapolda Papua mengatakan Provinsi Papua mungkin sedikit beda dengan Provinsi lain baik dalam konteks keamanan maupun karakteristik wilayah.
Item maupun sektor yang dapat menimbulkan potensi kegagalan, ketidaklancaran, dan lainnya kita harus bahas sampai tuntas.

“Kita pada kesempatan ini juga akan bahas masalah kesiapan penyelenggaran dan pengawas yang akan kita kaitkan dengan tugas kita sebagai pengamanan,” ungkap Wakapolda.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Papua Devisi Hukum dan Pengawasan, Amijaya Halim mengatakan Kesiapan logistik di 9 Kab/Kota mengalami beberapa kendala antara lain penyediaan / percetakan logistik suara untuk DPR RI, DPRD, DPRP dan DPRK dari PT. Impera Pratama Jombang mengalami keterlambatan untuk pengiriman sampai saat ini.

“Terkait penentuan kerawanan wilayah akan berbeda dari masing masing instansi. Khusus dari prespektif KPU, kerawanan Pemilu hanya dalam konteks jarak tempuh, namun dalam konteks keamanan kami dari KPU tidak bisa simpulkan,” pungkas Amijaya Halim.

Dalam FGD ini hadir Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Hardin Halidin, Kabid Wawasan Kebangsaaan Kesbangpol Provinsi Papua, Oktavianus D. Sanda, Plh. Kabid Politik Kesbangpol Provinsi Papua, Raehanna Lampong, dan PJU Polda Papua.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *