BERITA UTAMAMIMIKA

14.768 Warga Sudah Aktifasi IKD/KTP Digital, Dukcapil Mimika Terima Penghargaan dari Kemendagri

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
64
×

14.768 Warga Sudah Aktifasi IKD/KTP Digital, Dukcapil Mimika Terima Penghargaan dari Kemendagri

Share this article
IMG 20240228 WA0033
Kepala Dukcapil Mimika Slamet Sutedjo menerima penghargaan yang diserahkan Mendagri Tito Karnavian

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Mimika meraih berhasil meraih penghargaan aktifasi Identitas Kependudukan Digital (lKD) tertinggi kabupaten di Wilayah Timur lndonesia (Indtim).

Penganugerahan penghargaan dilakukan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2024 Dukcapil se-lndonesia yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 February 2024 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kegiatan itu dihadiri 1.200 lebih peserta secara luring dari Jajaran Dukcapil Pusat, Dukcapil Provinsi, Dukcapil Kabupaten /Kota, serta 1.500 lebih secara during.

Acara rakor dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Rl Prof. Muhammad Tito Karnavian, P.hd.

Dalam arahannya, Mendagri Tito mengatakan Rakornas ini sebagai bahan evaluasi kinerja Dukcapil dalam pelayanan publik serta mendukung suksesnya Pemilu serentak 14 Februari 2024 lalu, dan Pilkada yang akan digelar pada November 2024.

“Dukcapil harus terus berusaha mendorong kinerja layanan publik semakin baik, berinovasi dan hal-hal yang sudah baik seperti integritas, system dan kompetensi harus terus ditingkatkan. Akurasi dan validitas data kependudukan sangatlah penting karena digunakan untuk perencanaan pembangunan, pelayanan publik, penyaluran bansos, sukseskan pemilu dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan mengangkat Tema
“Peran ldentitas Kependudukan Digital/lKD dalam mendukung percepatan transformasi digital untuk pelayanan publik maka hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 Tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Perpres Percepatan Transformasi Digital tersebut menjadi fondasi penting untuk meningkatkan layanan pemerintah dan mempercepat pembangunan nasional. Secara short-term di 2024, akan menjadi proofpoint penerapan GovTech di pemerintahan saat ini untuk pemerintah selanjutnya.

Sementara secara medium-term, akan meningkatkan Indeks EDGI Indonesia.

Dikatakan, dampak long-term digitalisasi akan membangun birokrasi yang efisien dan efektif, pembangunan manusia yang maksimal, dan pertumbuhan ekonomi.

Aplikasi SPBE Prioritas diselenggarakan untuk mendukung layanan pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, dan layanan administrasi kependudukan yang terintegrasi dengan layanan identitas kependudukan digital, layanan transaksi keuangan negara, layanan administrasi pemerintahan di bidang aparatur negara, layanan portal pelayanan publik, layanan Satu Data Indonesia, dan layanan kepolisian.

Dalam Rakornas Dukcapil Tahun 2024 tersebut juga dianugerahkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri yaitu Dukcapil Prima bagi Provinsi, Kabupaten/Kota. Yang mana untuk Dukcapil Mimika menjadi salah satu yang menerima penghargaan dalam Dukcapil Prima dengan kategori Aktifasi lKD / ldentitas Kependudukan Digital Tertinggi Kabupaten di Wilayah Timur lndonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Mendagri didampingi Bapak Dirjen Dukcapil.

Penghargaan ini merupakan kedua kalinya yang mana pada tahun 2022 lalu Dukcapil Mimika juga meraih Penghargaan kategori Dukcapil BISA di Tanah Papua.

Atas Penghargaan tersebut, Kadis Dukcapil Mimika Slamet Sutedjo dalam rilisnya menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta apresiasi yang tinggi kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Mimika yang terus memberikan support, arahan, dukungan, kebijakan strategis dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya Adminduk kepada masyarakat Mimika serta adanya dukungan dari DPRD.

“Penghargaan tersebut kami dedikasikan bahwa peran serta partisipasi aktif masyarakat Mimika selama ini dalam mendukung program Gerakan lndonesia Sadar Adminduk (GISA), khususnya Aktifasi lKD yang dalam pekan ini sudah mencapai 14.768 orang sudah memiliki dan aktifasi lKD/ KTP Digital. Dan akan terus meningkat kedepannya,” ujarnya.

Untuk jajaran Dukcapil Mimika, ia berharap tetap semangat dan terus berusaha berbenah, memperbaiki kekurangan, meningkatkan kinerja layanan kepada masyarakat.

“Dengan ketulusan, kinerja & dedikasi yang tinggi, soliditas serta tidak berhenti berinovasi maka pelayanan publik di Mimika akan terus meningkat & semakin baik kedepannya,” katanya.(Isa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *