BERITA UTAMAMIMIKA

Dinas Koperasi Mimika Berikan Pelatihan Keuangan Pelaku Usaha Binaan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
54
×

Dinas Koperasi Mimika Berikan Pelatihan Keuangan Pelaku Usaha Binaan

Share this article
IMG 20240306 WA0007
Salahsatu pelaku usaha binaan

Timika, fajarpapua.com- Para pelaku usaha binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mendapatkan pelatihan pengelolaan keuangan.

Pelatihan keuangan diberikan bertujuan agar pelaku usaha dapat mengelola keuangan yang baik serta memahami prioritas pengeluaran.

ads

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika, Nurbaya mengatakan pelatihan mengelola keuangan penting bagi para pelaku usaha binaan guna kelancaran dan kemajuan usaha yang ditekuni.

“Kemampuan dalam mengelola keuangan bagi pelaku usaha sangat perlu untuk diasah dan ditingkatkan, apalagi bagi yang pemula,” katanya.

“Yang terpenting dalam menjalankan usaha apapun jenisnya, yakni manajemen keuangan yang baik, karena akan menjadi tolak ukur kemajuan usaha yang sedang digeluti,” tambahnya.

Dijelaskan sebuah usaha yang berkembang dengan baik, karena sistem pengaturan keuangan juga baik, pelaku usaha juga harus dibekali dengan kemampuan tersebut.

“Kami punya 1.850 pelaku usaha binaan yang terdata pada 2023, mereka kita beri pelatihan secara bertahap dan bergiliran agar semua mendapat kesempatan yang sama,” katanya lagi.

Dia menambahkan untuk 2024 ini pihaknya melakukan pendataan ulang, untuk mengetahui penambahan jumlah pelaku usaha terkini, agar juga dapat dilibatkan pada pelatihan-pelatihan.

“Pelaku usaha binaan kita ada 1.000 dari kalangan masyarakat Nusantara dan 850 yakni Orang Asli Papua, semuanya kita latih secara bertahap terkait sistem manajemen keuangan,” ujarnya. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *