BERITA UTAMAMIMIKAYPMAK

Tahun 2023, YPMAK Cetak 86 Sarjana dan Luluskan 190 Pelajar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
75
×

Tahun 2023, YPMAK Cetak 86 Sarjana dan Luluskan 190 Pelajar

Share this article
IMG 20240322 WA0022
Para mahasiswa peserta beasiswa YPMAK usai wisuda di Universitas Airlangga.Foto: Istimewa

PENDIDIKAN merupakan salah satu aspek utama komitmen Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) dalam mengembangkan kualitas kehidupan khususnya kualitas Sumber Daya Manusia masyarakat Amungme, Kamoro serta lima suku kekerabatan yang berdomisili di Kabupaten Mimika.

Program Pendidikan yang dijalankan oleh Divisi Pendidikan merupakan salahsatu bentuk dukungan YPMAK untuk tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Program Pendidikan YPMAK sejalan dengan SDG’s Tujuan 4 tentang Pendidikan berkualitas, dimana salah satu tujuannya adalah memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.

Dari tahun ke tahun sebagai pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia, YPMAK terus berupaya meningkatkan kualitas program pendidikan dengan harapan bahwa persentase kelulusan peserta program beasiswa meningkat dan rata-rata masa studi sesuai dengan ketentuan yaitu Diploma tiga tahun, S1 5 tahun dan S2 2 Tahun.

Divisi Pendidikan memiliki tiga fokus utama pelaksanaan program yaitu Fokus Anak dan Pemuda, Fokus Asrama serta Fokus Tenaga Pendidik dan Kependidikan.

Fokus Anak dan Pemuda
Tujuan fokus kerja ini yaitu mendukung pembiayaan studi dan pendampingan untuk siswa pada jenjang SMP dan SMA/SMK serta mahasiswa program S1 dengan pemberian beasiswa bagi anak-anak yang berasal dari Suku Amungme dan Suku Kamoro beserta lima suku kekerabatan lainnya.

  1. Beasiswa
    Pada tahun 2023, melalui fokus ini telah memberi beasiswa bagi 1.171 anak yang tersebar di 29 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Untuk diketahui, penerima beasiswa YPMAK terbagi menjadi dua yaitu penerima beasiswa Kemitraan dan penerima besiswa umum.

Penerima beasiswa kemitraan yaitu peserta beasiswa melakukan studi di universitas atau institusi pendidikan yang bekerjasama dengan YPMAK. Sementara peserta beasiswa umum yaitu peserta beasiswa melakukan studi di universitas yang bukan menjadi mitra YPMAK.

Jumlah penerima beasiswa kemitraan sebanyak 807 peserta dan peserta umum 364 peserta, dengan rincian sebagai berikut :

§Wilayah Timur (Papua dan Ambon) : 247 peserta.
§ Wilayah Tengah (Sulawesi) : 216 peserta.
§ Wilayah Barat (Jawa Timur) : 91 peserta.
§ Wilayah Barat (Jawa Tengah) : 397 peserta.
§ Wilayah Barat (DKI Jakarta dan Jawa Barat) : 220 peserta.
Dikutip dari laporan pencapaian Divisi Program Pendidikan, pada tahun 2023 sebanyak 86 peserta beasiswa jenjang perguruan tinggi telah lulus dan 190 peserta beasiswa jenjang sekolah tingkat pertama dan sekolah menengah atas telah lulus.

  1. Dana Bantuan Tugas Akhir
    Dana Bantuan Tugas Akhir (DBTA) ini diberikan kepada mahasiswa Papua secara keseluruhan yang sesuai dengan kriteria yang diatur dalam buku pedoman beasiswa.
    Pada tahun 2023, melalui Divisi Pendidikan, YPMAK memberikan DBTA kepada 41mahasiswa.
  2. Dukungan Pendidikan di Kabupaten Mimika
    Selain memberikan beasiswa untuk anak-anak Amungme Kamoro dan lima suku kekerabatan lainnya studi di luar Kabupaten Mimika, YPMAK juga memberi dukungan pendidikan bagi 225 orang mahasiswa yang kuliah di lima instutusi Pendidikan di Mimika.
    YPMAK Bekerjasama dengan lima perguruan tinggi di Mimika yaitu : Universitas Timika, Politeknik Kesehatan Mimika, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan Timika, Sekolah Tinggi Teologia Russel Timika dan PGSD Uncen Timika.

Dukungan Pendidikan juga diberikan kepada 63 anak jenjang sekolah menengah pertama.

Pada tahun 2023, lima mahasiswa di Mimika telah lulus dan diwisuda pada bulan Oktober dan November 2023. (miskan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *