Anggota DPRD Didominasi Non Papua, Usulkan Partai Lokal Seperti Aceh

by -
Asisten II Sekda Papua, M. Musa’ad 

Adapun pasal yang sekiranya dapat dilakukan revisi, menurutnya, sebagaimana dengan Parpol Lokal di Papua. “Jadi beliau juga menyinggung Parpol Lokal yang sudah ada di Aceh, harusnya Papua juga sama,” katanya.

Termasuk juga tentang kursi pengangkatan 14 kursi di DPRP, hendaknya perlu ditinjau agar tidak menjadi perdebatan panjang. Artinya soal kursi penangkatan ini juga harus diterapkan di DPRD Kabupaten/Kota, agar tidak terjadi persoalan saat penetapan kursi Parpol yang lebih didominasi non Papua.

“Jadi ada kuota khusus OAP di DPRD Kabupaten/Kota, jadi tidak ada keluhan lagi hasil Pemilu banyak Non Papua, sehingga dengan memberikan kouta maka jelas, agar kepentingan itu dapat diakomodir,” jelasnya.

Musaad menambahkan pertemuan dengan akademisi Uncen, merupakan pertemuan awal. Pemprov juga telah meminta sejumlah SKPD terutama biro tata pemerintahan dan Otsus, untuk agendakan pertemuan serupa.

“Dan ini tidak hanya untuk birokrat, tapi juga melibatkan stakeholder lain, untuk sama-sama membahas. Sebab Otsus ini adalah kepentingan bersama, dan bukan hanya kepentingan pemerintah saja,” jelasnya.(eci)

INFO IKLAN 0812-3406-8145