BMKG Prediksi Cuaca Mimika Minggu Ini, Penting Diketahui Warga

by -

Jayapura, fajarpapua.com
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengeluarkan prospek cuaca sepekan di provinsi paling Timur Indonesia sejak 17  hingga 23  Agustus 2020. 

Pelaksana harian Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Nurzan di Jayapura, Selasa, mengatakan pada 17 sampai 19 Agustus  cuaca Papua bagian utara, umumnya cerah berawan hingga hujan lokal.

Potensi hujan ringan hingga lebat diprakirakan akan melanda wilayah Nabire  dan Biak Numfor.

Pada 20 sampai 23 Agustus, kata dia, cuaca Papua umumnya cerah berawan hingga hujan lokal. Hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di wilayah Kota  Jayapura, Kabupaten Kepulauan Yapen, Nabire dan Waropen. 

Selanjutnya, pada 17 sampai 19 Agustus, cuaca Papua bagian tengah, umumnya cerah berawan hingga hujan lokal. Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Paniai, Tolikara, Puncak Jaya, dan Mamberamo Tengah. 

Kemudian, pada 20 hingga 23 Agustus, cuaca Papua umumnya cerah berawan hingga hujan lokal. Potensi hujan ringan hingga hujan lebat terjadi di sebagian wilayah pegunungan tengah Papua. 

Cuaca Papua bagian  selatan, pada 17 hingga 19 Agustus, umumnya cerah berawan hingga berawan. Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Mimika dan Kabupaten Asmat. 

Sementara, pada 20 sampai 23 Agustus, cuaca Papua bagian selatan umumnya cerah berawan dan berawan. Potensi hujan sedang hingga hujan lebat terjadi di wilayah Kabupaten Mimika. 

BBMKG Wilayah V Jayapura  juga mengingatkan angin kencang di Papua. Dari data yang diperoleh angin di wilayah Papua umumnya bertiup dari arah timur sampai selatan dengan kecepatan angin berkisar antara lima sampai 30 kilometer per jam.(ant)