BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Terbaru !!!, Timika Akhirnya Punya Alat Deteksi Gempa dan Tsunami ‘WRS NewGen’

pngtree vector tick icon png image 1025736
9
×

Terbaru !!!, Timika Akhirnya Punya Alat Deteksi Gempa dan Tsunami ‘WRS NewGen’

Share this article
Gempa Timika
WRS NewGen, pemantau gempa dan tsunami di Mimika.

Sedangkan untuk gempa bumi dirasakan tahun 2019 tercatat 79 kejadian.

Terkait kondisi wilayah yang rawan gempa dan tsunami ini, BMKG memiliki tugas dan kewajiban dalam menyediakan informasi gempa dan peringatan dini tsunami yang tertuang dalam UU No. 31 Tahun 2009, dan Perpres No. 93 Tahun 2019.

ads

Sebagai salah satu implementasi dari tugas dan kewajiban tersebut di atas maka BMKG melaksanakan kegiatan pemasangan alat penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami yaitu WRS di berbagai wilayah rawan gempa dan tsunami di Indonesia, salah satunya di provinsi Papua.

Sejak Tahun 2008 BMKG sudah memasang sebanyak 275 peralatan WRS. Namun demikian mengingat peralatan WRS masih sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah dan kantor Lembaga/Kementerian terkait, maka pada tahun 2020 ini, BMKG memasang WRS generasi terbaru di 315 lokasi. Saat ini WRS dibawah tanggungjawab Stasiun Geofisika Jayapura ada 3 yang sudah terpasang di Stasiun Geofisika Kelas I Jayapura, Stasiun Meteorologi Frans Kaisepo Biak, dan BPBD Biak. Pada tahun 2020 ini di provinsi Papua akan memasang WRS generasi terbaru di 10 lokasi.

WRS generasi terbaru yang tentu saja menggunakan teknologi terbaru ini memiliki nama baru yaitu “WRS NewGen” yang berbeda dengan WRS sebelumnya. WRS NewGen merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, yang memberikan informasi gempa bumi secara lebih cepat karena bersifat “real time” otomatis dari BMKG.

Percepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami ini, memastikan stakeholder dapat mengambil langkah penting selanjutnya secara cepat dalam penanganan bencana, sehingga memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari bencana.

WRS NewGen dapat menyajikan informasi dalam waktu kurang dari 3 menit bahkan bisa dalam waktu 2 menit setelah terjadi gempabumi, Karena informasi ini bersifat realtime sehingga meskipun parameternya bersifat sementara namun dapat digunakan oleh BPBD atau pemangku kebencanaan untuk segera mengambil respon cepat guna melakukan langkah-langkah upaya mitigasi sehingga diharapkan dapat mengurangi korban jiwa dan dampak gempa lainnya secara dini.

Lokasi pemasangan WRS NewGen tahun 2020 ini mencakup Kantor
Kementrian/Lembaga yang tersebut dalam Perpres No. 93 Tahun 2019 dan institusi yang terlibat dalam penanganan bencana gempa dan tsunami seperti Kantor Pemerintah Daerah (BPBD), Kantor Media Televisi/Radio, serta Institusi terkait yang memiliki kerjasama dengan BMKG terkait sharing data dan informasi. Pemasangan WRS generasi terbaru tahun 2020 di Wilayah Papua sebanyak 10 peralatan WRS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *