BERITA UTAMAMIMIKA

309 Pasien Positif Covid – 19 di Mimika Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Jumlah Kematian 2 Minggu Terakhir

cropped cnthijau.png
5
×

309 Pasien Positif Covid – 19 di Mimika Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Jumlah Kematian 2 Minggu Terakhir

Share this article
Kubur covid 19
Penguburan pasien covid

Pasien aktif 374 kasus dimana 17 persennya isolasi di RSUD yakni 27 kasus, 33 kasus ada di RS Tembagapura, dan sisanya di RSMM.

“Yang diantispasi dan dijaga adalah pasin isolasi mandiri, pasien Covid 19 tanpa gejala yang isolasi mandiri ada 309 orang. Butuh pengawasan bersama, komitmen bersama. Bahwa pasien Covid 19 harus isolasi mandiri dan tidak menyebar ke orang lain, dan sebagian besar mereka ini tanpa gejala,” paparnya.

ads

Dia mengatakan, sebentar lagi umat Kristiani merayakan natal dan tahun baru. Yang jadi pertanyaan, bagaimana jika mereka ikut ibadah (misa) dan merayakan tahun baru bersama umat yang lain.

Tahun 2021, kata dia, ada agenda besar baik nasional maupun daerah. Agenda nasional adalah vaksin Covid 19 yang disiapkan pemerintah, dan Mimika menjadi prioritas.

Berikut, akan ada tatap muka untuk pembelajaran, akan ada ivent PON, Pesparawi. Oleh karena itu Pemkab dan tokoh agama coba duduk bersama yang tidak saja fokus pada natal dan tahun baru.

“Tapi usai natal dan tahun baru ada agenda seperti apa lagi. Memang ada komitmen yang luar biasa dari tokoh agama, bahwa mereka siap laksanakan Surat Edaran Kementrian Agama RI No 23 Tahun 2020 bahwa perayaan ibadah hanya 50 persen. Karena yang ikut ibadah hanya 50 persen dan 50 persen hanya ikut dari rumah, maka pemkab akan duduk lagi dengan tookoh agama. Dimana gereja-gereja sudah bentuk pokja, masjid-masjid sudah ada pokja nanti dilihat lagi pemanfaatan seperti apa. Jadi Pemkab dan Satgas akan berdikusi agar hal ini dapat dikawal bersama-sama,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, akan ada elaborasi Satgas dengan pokja-pokja Covid 19 yang ada di gereja dan masjid untuk mengawal protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Termasuk 5-0 persen dan penggunaan tenda akan diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi penumpukan.
(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *