BERITA UTAMAMIMIKA

Hari ini, Kepala Dinas Kesehatan Dipanggil Penyidik Polres Mimika Terkait Kerumunan Massa Mile 32

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Hari ini, Kepala Dinas Kesehatan Dipanggil Penyidik Polres Mimika Terkait Kerumunan Massa Mile 32

Share this article
Kasat Reskrim
Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto.

Timika, fajarpapua.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika direncanakan akan dipanggil penyidik Polres Mimika, Kamis (28/1) hari ini terkait proses hukum kerumunan massa yang menghadiri peringatan ke-82 tahun 2021 HUT Pekabaran Injil Gereja Kingmi masuk wilayah Pegunungan Tengah Papua pada Rabu (13/1) lalu.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto mengatakan jajarannya akan meminta keterangan dari sejumlah pihak, termasuk Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika.

ads

“Besok (hari ini) kami akan minta keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika,” kata Hermanto kepada awak media di Timika, Rabu (28/1).

Dikatakan, dimulainya penyelidikan kerumunan massa yang menghadiri peringatan ke-82 tahun Gereja Kingmi masuk wilayah Pegunungan Tengah Papua yang dipusatkan di pelataran Gereja Kingmi Mile 32, Jalan Agimuga, Distrik Kuala Kencana itu berdasarkan laporan dari sejumlah pihak.

Video kegiatan itu juga telah diunggah ke saluran chanel Youtube oleh seseorang dengan akronim ‘Nusantara 2’.

“Yang jelas, itu kan kegiatan keagamaan. Kalau di Jakarta dan beberapa daerah lain di Indonesia saat ini memang sedang diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tapi kalau di Mimika, sekarang diterapkan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). Apakah dengan status AKB itu bisa diterapkan UU Kekarantinaan Kesehatan. Itu yang sementara kami sedang dalami,” jelas Hermanto.

Sejauh ini penyidik Polres Mimika telah meminta keterangan dari sejumlah pihak, terutama para pelapor atau pengadu.

“Pengadunya rata-rata melihat gambar dari video yang beredar, ada juga yang hadir saat pelaksanaan kegiatan itu. Kami juga sudah mintai keterangan dari pihak Sekretariat Satgas COVID-19 Mimika,” ujar Hermanto.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng beberapa waktu lalu telah melakukan klarifikasi terkait kehadirannya saat kegiatan peringatan ke-82 Gereja Kingmi masuk di wilayah Pegunungan Tengah Papua itu.

Bupati Omaleng mengaku semula dirinya sebetulnya enggan menghadiri acara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *