BERITA UTAMANASIONAL

Semalam Timika Dihajar Angin Kencang, Penting !!! Simak Baik-baik Prakiraan Cuaca BMKG Tiga Hari ke Depan

pngtree vector tick icon png image 1025736
10
×

Semalam Timika Dihajar Angin Kencang, Penting !!! Simak Baik-baik Prakiraan Cuaca BMKG Tiga Hari ke Depan

Share this article

Jakarta, fajarpapua.com – Perkembangan cuaca selama beberapa waktu belakangan masih sulit ditebak. Misalnya daerah Timika, selama beberapa hari ini sejak pagi hingga siang hari panas, sore hari gerimis atau hujan ringan. Namun sesekali diselingi panas.

Padahal di sejumlah daerah lain di Indonesia, hujan lebat yang berbuntut banjir besar terjadi di mana-mana.

ads

Cuaca di Timika berubah cukup ekstrim. Angin kencang terjadi pukul 01.00 hingga 02.15 WIT tadi malam. Warga cukup panik. Angin meniup dari arah barat menimbulkan bunyi riuh dimana-mana. Sejumlah atap seng rumah warga seperti di Jalan Pendidikan, Jln Budi Utomo, copot.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ekstrem hingga tiga hari ke depan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Papua.

“Hujan ekstrem tersebut berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor yang dapat membahayakan,” kata Deputi bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Minggu (31/1).

Berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Dasarian (sepuluh hari pertama) Februari 2021, yaitu sebagian kecil Bengkulu, Banten bagian selatan, Sebagian kecil Jawa Barat bagian timur dan selatan, sebagian besar Jawa Tengah bagian Barat dan timur.

Selain itu, juga di sebagian kecil selatan DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian timur, tengah dan selatan, Bali bagian utara dan selatan, sebagian kecil Nusa Tenggara Barat bagian barat dan timur, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur bagian barat dan timur, sebagian kecil Kalimantan Barat bagian utara.

Selanjutnya, sebagian kecil Kalimantan Tengah bagian utara, sebagian kecil Kalimantan Selatan bagian timur, Sebagian kecil Kalimantan Timur bagian barat, sebagian kecil Sulawesi Tengah bagian utara dan selatan, Sulawesi Selatan bagian selatan dan utara, Sulawesi Tenggara bagian utara, sebagian kecil Maluku bagian selatan, sebagian kecil Papua Barat bagian timur, dan Provinsi Papua bagian utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *