Hari Ini, 166 Tahun Injil Masuk Tanah Papua

by -

Namun berita injil (yang arti harfiahnya adalah kabar baik) seperti apa yang ada dibenak Carl Wilhem Ottouw dan Johann Geissler saat pertama datang ke Papua pada hari ini 165 tahun silam? Lalu, seberapa besar kah pengaruh mereka sampai hari ini dalam pembentukan konstruksi gagasan Injil di Papua?.

Semua ini berawal, dari seorang pendeta Protestan (yang pernah menjadi imam Katolik) berdarah Jerman yang tinggal di Belanda, bernama Johannes Evangelist Gossner. Ia termasuk salah seorang yang memikirkan secara serius tentang proselitisasi atau upaya mengkonversi orang menjadi penganut agama kristen.

Gossner yang dalam buku hariannya mengaku telah bertobat dari Kristen pencerahan kepada Kristen Pietis, bersama rekannya Otto G. Heldring, membuat berbagai kebaktian kebangunan rohani bertajuk The Reveil (Kebangkitan) di berbagai gereja-gereja liberal di Belanda pada Juli 1837.

Gossner dan Heldring mengatakan akhir zaman dan masa kerajaan surga akan datang jika semua tempat di muka bumi sudah diinjilkan, merujuk secara harfiah Injil Matius 24:14 yang mengatakan bahwa “…Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya”, Propaganda ini pun berjalan dengan sukses.

INFO IKLAN 0812-3406-8145