Minum Kopi Setiap Hari 1 Gelas Saja, Ternyata Berpengaruh Kepada Pendengaran

by -
minum kopi setiap hari
ilustrasi / freepik

Bogor, Fajarpapua.com – Sudah merupakan rahasia umum bahwa minum kopi setiap hari dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan termasuk mencegah terjadinya penyakit di hati, diabetes hingga serangan jantung.

Baru-baru ini hasil dari penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang minum kopi setiap hari ternyata selain mengurangi risiko terkena berbagai penyakit ternyata juga terpengaruh pendengarannya.

Penelitian Terhadap Kebiasaan Minum Kopi Setiap Hari

Salah satu favorit minuman orang Indonesia adalah kopi terutama orang yang sudah tua. Belakangan ini kopi mulai diminati oleh anak muda, tentunya dengan penyajian dan variasi yang menarik dan beragam jenis kopi yang disajikan.

Berbagai penelitian telah dilakukan oleh berbagai lembaga penelitian terkait minuman yang berwarna hitam ini. Dalam hasil penelitiannya terangkum manfaat menikmati kopi setiap hari bagi kesehatan tubuh di samping itu terdapat juga hal-hal yang mengganggu kesehatan tubuh dengan meminum kopi setiap hari.

Manfaat dari Minum Kopi

Meminum kopi setiap hari memang sudah merupakan kebiasaan bagi sebagian orang di Indonesia. Meskipun tanpa mengetahui manfaat yang didapat dari minum kopi kebiasaan ini tetap dilanjutkan dengan dalih memberikan tenaga.

Apakah benar dengan minum kopi dipagi hari dapat memberikan tenaga? Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dengan mengonsumsi kopi:

Dapat Menjaga Berat Badan

Bagi mereka yang peduli dengan bobot tubuh atau berat badan, tampaknya dengan minum kopi dapat menjadi solusi. Hal ini terjadi karena kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang banyak diderita oleh penduduk dunia. Diperkirakan setidaknya ada 23,1 juta orang menderita penyakit diabetes tipe 2 ini.

Obat terbaik untuk diabetes tipe 2 ini ternyata kopi. Dengan mengonsumsi kopi maka kadar sensitivitas insulin dalam tubuh akan berkurang.

Minum Kopi Setaip Hari Merangsang kerja otak

Kafein yang ada pada kopi dapat meningkatkan kinerja otak dan tanpa disadari hal ini banyak dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang minum kopi setiap hari sebelum beraktivitas.

Ternyata bukan hanya itu saja pengaruh yang dihasilkan oleh kafein terhadap otak, dengan minum kopi setiap hari ternyata memiliki dampak jangka panjang untuk kesehatan otak hingga tua nanti. Penyakit parkinson, alzheimer serta beragam penyakit degeneratif lainnya seperti pikun dapat dihindari.

Fungsi Pendengaran

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Autonomous University of Madrid telah mengungkap bahwa pria yang memiliki kebiasaan meminum secangkir kopi dapat menghindari dari risiko kehilangan fungsi pendengaran yang diakibatkan oleh faktor usia.

Meskipun demikian, penelitian ini masih belum menemukan keterkaitan atau apakah memberikan efek baik atau buruk kepada wanita.

Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

Dibalik banyaknya manfaat yang didapat dari minum kopi ternyata terkandung bahaya di dalamnya.

Tentunya bahaya atau efek negatif dari minum kopi setiap hari ini timbul akibat dari proses konsumsi yang tidak tepat.

Seperti apa saja proses minum kopi yang tidak tepat tersebut yang bisa memberikan efek negatif? Berikut ini penjelasannya:

Dampak Perputaran Waktu

Dengan mengonsumsi kopi pada waktu malam hari atau dengan alasan menghilangkan rasa kantuk akan dapat mengakibatkan tubuh akan sulit untuk berada pada posisi tidur dan berakibat kurangnya waktu istirahat sehingga ke esok harinya akan tidak semangat dan cenderung lelah serta mengantuk.

Kesehatan Organ Tubuh Terancam

Dengan mengonsumsi kopi terutama pada malam hari selain mengganggu jam tidur tentunya dengan adanya kegiatan akan mengganggu fungsi organ tubuh bagian dalam yang sudah memiliki jam biologis untuk beristirahat.

Di samping itu dengan minum kopi setiap hari secara berlebihan juga akan mengganggu fungsi lambung dan pencernaan. Sebab apapun yang berlebihan, tentunya berbahaya.