Polisi Berhasil Tangkap 1 Anggota KKB, Diduga Pelaku Penembakan di Utikini Tembagapura

by -
KKB
Anggota KKB yang ditangkap

Timika, fajarpapua.com – Jajaran kepolisian berhasil menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat meminta bantuan Bahan Makanan (Bama) di Jl. Trans Nabire, Timika, Rabu (13/3).

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, Rabu (17/3) melalui pers realese mengatakan, sebelumnya aparat TNI/Polri yang ada di Timika melakukan penegakan hukum di Mile 53, dimana saat itu salah satu anggota KKB berhasil dilumpuhkan.

Dari hasil pengembangan kasus, tim gabungan mengendus adanya rencana pergerakan penyuplaian Bahan Makanan (Bama) yaitu kelompok Jony Botak, di Jln Trans Papua Timika Nabire.

Benar saja. Tim menghentikan mobil avanza putih dengan nopol PA 1629 MM melaju kencang ke arah PT. Pal dan mengamankan 4 orang.

Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui salah satu dari keempat orang tersebut atas nama Terangkup yang merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) pelaku penembakan mobil Brimob dan bus milik PT. Freeport di Utikini Distrik Tembagapura tanggal 8 Maret 2020.

BACA JUGA:  Korban Penembakan di Beoga Bertambah, KKB Kian Brutal, Warga Mengungsi ke Pos TNI

Sedangkan tiga orang lainnya dilepaskan karena tidak terikat dengan pidana apapun.

“Dari hasil pengembangan kita temukan beberapa barang bukti yaitu handphone dari yang bersangkutan, dan juga foto-foto. Dalam foto itu terdapat rombongan KKB gabungan yang dipimpin oleh Lekagak Telenggen dan juga penembakan terjadi di wilayah Tembagapura, foto yang didapat merupakan foto sebelum aksi penembakan,” ucap Kapolres.

Foto tersebut dijelaskan secara rinci oleh Kapolres Mimika, Nomor 2 bernama Terangkup menggunakan senjata M16, nomor 1 kanannya bernama Otis, dan ketiga Ulyame. Ketiga nama tersebut merupakan anggota yang sudah ditangkap, sedangkan yang nomor 4 masih Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama PD.

“Tiga orang sudah diamankan, dalam proses penyidikan, sebagian juga ada yang sudah vonis,” lanjut Kapolres.