PLN Target 27 Kampung di Mimika Segera Diterangi Listrik, Gunakan Tenaga Matahari, Air, dan Diesel

by -
Canang
Kampung Tiwaka Distrik Mimika Tengah yang menjadi salah satu target program Papua Terang.

Timika, fajarpapua.com – Sebanyak 27 kampung di Mimika akan ditargetkan mendapat penerangan listrik tahun 2021 ini.

Managemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika, menyatakan 27 kampung itu tersebar di wilayah pesisir dan pegunungan Kabupaten Mimika.

Manajer PLN UP3 Timika Marthinus Irianto Pasensi di Timika, Sabtu, mengatakan 27 desa yang akan segera dilistriki itu masuk dalam program “Papua Terang”.

“Tahun ini ada 27 desa yang harus kami selesaikan. Ada desa yang menggunakan potensi energi listrik matahari (PLTS), ada juga yang menggunakan tenaga diesel (PLTD), ada yang menggunakan tenaga air atau mikrohidro, ada juga menggunakan stasiun pengisian energi listrik,” jelas Marthinus.

Menurut dia, Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang sudah beroperasi di Mimika sebanyak 14 titik, beberapa lainnya sementara dalam pengerjaan.

Sedangkan untuk dua distrik di wilayah pegunungan yaitu Tembagapura dan Jila, PLN membangun stasiun pengisian energi listrik (Tanis).

“Khusus untuk dua distrik ini kami minta bantuan PT Freeport Indonesia untuk melakukan supervisi karena berada di wilayah operasi mereka. Kami sudah bertemu manajemen Freeport, dan mereka siap membantu,” kata Marthinus.

Adapun 27 desa yang akan segera dilistriki dalam tahun ini tersebar pada enam distrik (kecamatan) yaitu Amar, Mimika Barat Jauh, Mimika Barat Tengah, Jita, Agimuga dan Mimika Timur Jauh.

Untuk Distrik Amar, kampung-kampung yang akan dilistriki yaitu Ipiri, Paripi, Yaraya. Selanjutnya Distrik Jita mencakup Kampung Sempan, Wenin. Karmapiri dan Noema.

Di Distrik Mimika Barat Jauh terdapat empat kampung yang akan dilistriki yaitu Tapormai, Aindua, Potowayburu kampung dan Potowayburu ibukota distrik.

Wilayah Distrik Mimika Barat Tengah merupakan distrik dengan konsentrasi pembangunan PLTS terbanyak yaitu mulai dari Kampung Akar, Kapiraya, Kipia, Mapar, Mupuruka, Pronggo, Uta, Wakia dan Wumuka.

Adapun tujuh kampung di Distrik Agimuga akan dilistriki dengan sumber pembangkit diesel (PLTD) yang mencakup Kampung Kiliarma, Amungun, Minat Umung, Emkoma Halama, Emogoma dan Aramsolki.

Sementara di kampung di Distrik Mimika Timur Jauh yang akan dilistriki tahun ini yaitu Kampung Amamapare di Pulau Karaka, dekat Pelabuhan Potrsite Amamapare PT Freeport Indonesia.

Menyangkut pengoperasian PLTD berkapasitas 100 kw di Agimuga, Marthinus mengakui hal itu menjadi pekerjaan rumah PLN Timika sejak tahun 2020.