Banyak Usulan Distrik yang Dicoret, Tahun 2022 Fokus Pemberdayaan Ekonomi

by -
IMG 20210325 WA0049
Ir Yohana Paliling MSi

Timika,fajarpapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika pada Tahun 2022 mendatang akan fokus pada program pemulihan dan pemberdayaan ekonomi daerah.

Terkait dengan fokus tersebut, mulai tahun ini masing- masing organisasi perangkat daerah (OPD) harus mulai membuat program yang berkenaan dengan ekonomi masyarakat.

Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Ir Yohana Paliling, MSi kepada wartawan mengatakan dalam setiap forum Musrembang, tim asistensi selalu mengingatkan program pemulihan ekonomi.

“Bahkan saat ini semua distrik mencatumkan tema pemulihan ekonomi dalam rencana pembangunan,” ujarnya.

Selain ekonomi lanjutnya, progran kesehatan dan pendidikan juga menjadi program usulan rencana pembangunan di distrik dan OPD.

“OPD dan distrik harus melihat berama-sama usulan program, apakah bisa diakomodir OPD. Usulan distrik dibahas bersama OPD kemudian pimpinan OPD memberikan arahan mengenai usulan program harus memenuhi syaratnya,” jelasnya.

Menjawab pertanyaan wartawan soal banyaknya usulan distrik yang dicoret, Yohana menuturkan Bappeda Mimika dan OPD teknis akan menyesuaikan dengan anggaran.

Menurutnya rata-rata setiap distrik mengusulkan hingga 400 program pembangunan dalam satu tahun anggaran.

“Kami tidak mungkin mengakomodir seluruhnya. Sehingga usulan program yang benar- benar mendesak bagi masyarakat yang didahulukan,” jelasnya.