Mobil Tertahan di Hasjrat Abadi, Pimpinan DPRD Mimika Terpaksa Pakai Mobil Rental, Soroti Biaya Sewa Setiap Tahun

by -
Yohanes Felix Helyanan
Yohanes Felix Helyanan

Timika, fajarpapua.com – Setelah dilantik dua tahun lalu, hingga kini pimpinan DPRD Mimika serta Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masih menggunakan mobil rental (sewaan) sebagai kendaraan dinas.

Ini sangat ironis mengingat setiap tahunnya, dewan bersama eksekutif menetapkan APBD Kabupaten Mimika berjumlah triliunan rupiah.

Untuk itu Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika diminta untuk dapat memperhatikan hal tersebut.

“Hampir dua tahun dilantik sampai saat ini kami masih pakai mobil rental sebagai kendaraan operasional,” kata Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan atau John Thie kepada fajarpapua.com di ruang kerjanya, Senin (12/4).

Padahal, lanjut Ketua DPC PDIP Mimika ini, menurut informasi mobil operasional pimpinan dewan sudah ada di Gudang Dealer Toyota, PT Hasjrat Abadi sejak Agustus 2020 lalu.

“Kendaraan operasional pimpinan dewan itu datang bersamaan dengan kendaraan dinas pimpinan daerah Mimika. Bahkan saya sudah melihatnya sendiri di gudang Hasjrat,” ujarnya.

John Thie yang juga pengusaha perhotelan ini sebenarnya ingin meminta penjelasan dari BPKAD terkait kendaraan dinas pimpinan dewan dan pimpinan komisi yang hingga kini belum tersedia.

Padahal lanjutnya, setiap tahun DPRD Mimika membahas dan menetapkan anggaran triliunan rupiah, sementara kendaraan operasional dinas tidak dianggarkan dan memilih untuk menggunakan mobil rental untuk pimpinan dewan.