Bibit Siklon Tropis di Utara Papua Berubah Jadi Siklon Surigae, 16 April Berubah Jadi Thypoon, Hari Ini Hujan Merata

by -
IMG 20210415 WA0002
Prakiraan cuaca

Jakarta, fajarpapua.com – Hadirnya siklon tropis 95w yang meluluhlantakan bumi NTT benar-benar meninggalkan trauma mendalam.

Apalagi, BMKG menyatakan saat ini bibit siklon tropis tumbuh di utara Papua. Dan kini sudah berkembang menjadi siklon tropis surigae. Puncaknya 16 April akan berubah lagi menjadi topan/thypoon.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan saat ini bibit siklon tropis di Utara Papua telah berkembang menjadi Siklon Tropis Surigae yang bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

“Akibatnya, saat ini terjadi peningkatan kecepatan angin rata-rata di wilayah Utara Sulawesi dan sekitarnya berkisar 8 – 20 knot,” ujar Dwikorita dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Sekedar mengingatkan meskipun Mimika tidak terdampak langsung namun warga diharapkan tetap waspada.

BMKG mengeluarkan peringatan dini perihal potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah di Indonesia pada Kamis hari ini.

Dalam peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang, seperti di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, BMKG memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang hingga menjelang malam hari.

Sementara di Jawa Barat, hujan disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Kota dan Kabupaten Bogor, Depok, Kota/Kabupaten Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Raya, Karawang, Subang, Indramayu, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Ciamis.