Raih 27 Suara Anggota, Betuel Wanggai Terpilih Jadi Ketua Koperasi KKBKA

by -
Betuel Wanggai terpilih sebagai Ketua Koperasi KKBKA
Betuel Wanggai terpilih sebagai Ketua Koperasi KKBKA

Timika, fajarpapua.com – Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi anggota dan pengurus, Kerukunan Keluarga Besar Kepulauan Ambai (KKBKA) Kabupaten Mimika membentuk Koperasi KKBKA.

Pemilihan ketua dan pengurus Koperasi KKBKA periode 2021-2024 dilaksanakan di bilangan Jalan Cendrawasih, Sabtu (17/4).

Seperti disaksikan fajarpapua.com, pemilihan ketua Koperasi KKBKA diikuti 37 anggota dan pengurus yang memiliki hak pilih. Metode pemilihan melalui kotak suara yang disediakan panitia.

Terdapat empat calon Ketua Koperasi KKBKA yang mana Betuel Wanggai memperoleh 27 suara mengungguli tiga calon lain yakni Yan Muabuay 3 suara, Anderian Waromi 7 suara dan Frengky Marani 0 suara.

Betuel Wanggai yang juga Bidang Organisasi KKBKA terpilih menjadi Ketua Koperasi KKBKA serta menunjuk Joab Fonataba sebagai sekretaris dan Yanpit Maboai sebagai bendahara.

“Untuk tempatnya, sudah saya sediakan di kelurahan Timika Indah,” paparnya.

Betuel Wanggai mengatakan koperasi akan dibuat bernuansa kekeluargaan dan membangun usaha-usaha kecil dengan bantuan modal yang disediakan oleh Koperasi KKBKA.

“Terbentuknya koperasi KKBKA beserta seluruh pengurus yang sudah diangkat ditambah pengawas sebanyak 5 orang yang salah satunya anggota mulai besok bergerak, awalnya mungkin pembentukan anggota,” ujarnya.

Setelah pembentukan, anggota diharapkan menyiapkan administrasi. Sehingga ketika koperasi berkembang baik maka akan memberikan bantuan kepada anggota untuk pendanaan usaha.

“Koperasi KKBKA penuh manfaat, misal ada anggota ataupun masyarakat membangun usaha dengan modal pinjaman koperasi maka kita akan bantu tentunya adanya koperasi ini sangat memperbaiki ekonomi anggota maupun masyarakat lainnya,” jelasnya.

Sedangkan Ketua KKBKA, Hoskar Waromi mengatakan KKBKA berdiri sejak era 1990-an hanya saja tidak ada program kerja pasti yang membuat KKBKA pasang surut.

“Dua tahun lalu kita menghimpun lagi, mengadakan Raker yang mana terdapat 19 program kerja, salah satunya yaitu pembentukan Koperasi KKBKA,” ucapnya.