Dukung Perhelatan Akbar PON XX/2021 Papua, 600 Personil Keamanan Bakal Dikerahkan

by -
Amanat Kapolres Merauke di lapangan apel.
Amanat Kapolres Merauke di lapangan apel.


Merauke, fajarpapua.com – Sedikitnya 600 personil bakal dikerahkan untuk mendukung dan mengamankan jalannya perhelatan akbar PON XX/2021 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Merauke sebagai salah klaster atau tuan rumah penyelenggara di Provinsi Papua, selain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Mimika. Personil tersebut terdiri atas Polri, TNI, Satpol PP, BPD dan Basarnas.


“Sebanyak 600 lebih personil pengamanan yang akan dilibatkan dalam PON XX 2021 di Merauke yang terdiri dari TNI sebanyak 100 personil, Polres Merauke 350 personil, Brimob 60 personil, Satpol PP 30 personil, BPBD 30 personil dan Basarnas 30,” kata Kapolres Merauke, AKBP Ir Untung Sangaji M.Hum saat memimpin apel di halaman Mapolres Merauke, Selasa (20/4).


Kapolres Sangaji menekankan personil keamanan harus baik dipersiapkan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Mengingat, sasaran pengamanan meliputi tempat kegiatan, kegiatan, orang dan benda. Suatu kegiatan iven apa saja harus diperhatikan faktor keamanannya, agar terciptanya rasa aman dan dapat berjalan sesuai rencana.


“Polres Merauke harus siap, di bulan Oktober nanti. Seluruh personil akan kita libatkan dalam pengamanan. Persiapkan seluruh sarana prasarana yang akan dibutuhkan baik alsus, alkom dan persenjataan. Semua harus kita cek kembali, layak atau tidak layak dipakai,” tegasnya.
Dia mengimbau masyarakat Kabupaten Merauke untuk senantiasa menciptakan keamanan dan ketertiban pada saat penyelenggaraan PON XX Papua ini. Elemen masyarakat yang sudah ditunjuk untuk berperan diharapkan untuk selalu mengambil bagian dengan tetap berkoordinasi kepada panitia penyelenggara yakni Subda PON Merauke maupun pemerintah daerah setempat. Dalam hal keamanan harus selalu berkoordinasi pihak kepolisian sebagai koordinator utama.

BACA JUGA:  Sisa 4 Bulan Lagi Tapi Suasana Timika Sepi-sepi Saja, Dandim Ajak Insan Pers Gaungkan PON 2021


“Kita harus tunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kabupaten kita aman untuk penyelenggaraan PON. Ini adalah harga diri kita sebagai orang Papua. Tunjukkan kalau Papua aman dan kita bisa memberikan pelayanan terbaik untuk tamu-tamu kita dari berbagai daerah,” pesannya.


Informasi yang dihimpun fajarpapua.com, pelaksanaan PON XX Papua 2021 tanggal 2-15 Oktober 2021, dimana Kabupaten Merauke mengambil 6 cabang olahraga (cabor), yaitu sepak bola wanita penyisihan, motor cross dan road race, catur, wushu, pencak silat dan anggar. Dari 6 cabor tersebut nomor yang dipertandingkan sebanyak 77 cabang dengan jumlah atlet sebanyak 638 orang dan ofisial 388, panitia penyelenggara 579 orang. Dengan demikian jumlah total (atlet, ofisial dan panitia) sebanyak 1.605 orang. (hrs)