Kesiapan PON XX Papua, Sekda Gomar: Suksesnya Mimika Jadi Tuan Rumah Juga Tergantung Masyarakat

by -
Foto bersama Alenia's Journey Uncover Papua.
Foto bersama Alenia's Journey Uncover Papua.

Timika, fajarpapua.com – Kesuksesan Kabupaten Mimika sebagai salahsatu tuan rumah PON XX Papua bukan hanya ditentukan oleh kesiapan PB PON XX Papua Klaster Mimika maupun Pemda Mimika semata.

Penegasan ini disampaikan oleh Sekda Kabupaten Mimika, Michael Gomar saat menghadiri Konferensi Pers Alenia’s Journey Uncover Papua Road To PON XX/2021 Papua di Grand Mozza Hotel Timika, Minggu (18/4).

Sekda Gomar menegaskan bahwa suksesnya PON XX Papua 2021 di Kabupaten Mimika juga tergantung dari partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Mimika.

Dijelaskan Sekda Gomar, Bupati dan Wakil Bupati Mimika sudah berkomitmen untuk bersama-sama mempersiapkan Kabupaten Mimika sebagai tuan rumah PON XX Papua.

Bahkan lanjutnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyampaikan keseriusan Kabupaten Mimika sebagai salahsatu tuan rumah PON XX Papua saat mendampingi Mendagri Tito Karnavian yang berkunjung ke Timika.

“Bapak Bupati Mimika menegaskan venue maupun infrastruktur sudah akan selesai sebelum pelaksanaan. Salah satu contohnya adalah peresmian bandara, yang nanti akan di fungsikan dan direncanakan mulai peresmian yang akan dilaksanakan di bulan Oktober 2021,” ucap Sekda Gomar.

Apa yang yang harus dilakukan warga untuk ikut berpatisipasi menyukseskan Kabupaten Mimika sebagai salahsatu tuan rumah PON XX Papua?

Sekda Gomar menegaskan, warga cukup melakukan hal yang kecil saja salahsatunya menjaga kebersihan, keindahan serta keamanan Kota Timika sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan PON Papua.

Sebelumnya Sekretaris Umum Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Mimika, Cesar Avianto Tunya, mengatakan, kesiapan Kabupaten Mimika sebagai salah satu klaster penyelenggaraan pesta olah raga nasional empat tahunan itu sudah matang.

BACA JUGA:  Bahaya Kabel optik Internet Putus Saat PON XX, ini Kata Kominfo Papua

“Progres kesiapan venue-venue yang berada di Mimika sudah siap. Progres seluruh venue secara umum sudah siap,” ujar Cesar.
  
Kabupaten Mimika sebagai salah satu klaster akan menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga Aeromodeling, Terbang Layang, Terjun Payung, Atletik, Bola Basket 5×5, Bola Basket 3×3, Panjat Tebing, Biliar, Bola Tangan, Futsal, Judo dan Tarung Drajat.

Cesar menuturkan, kesiapan venue bahkan sudah 100 persen dan tinggal membereskan fasilitas pendukung pertandingan. “Jika peralatan sudah tiba segera dipasang dan dilakukan tes event”.
  
Menurut dia, perlengkapan venue berupa peralatan dan penunjang perlombaan sementara disiapkan oleh PB PON dari bidang peralatan dan bidang arena.

“Untuk beberapa venue yang masih dalam penambahan fasilitas itu adalah Aeromodeling, Terbang Layang dan Biliar. Itu masih harus dilengkapi lagi dan mudah-mudahan sebelum tes event itu semuanya sudah beres. Terus yang sama sekali belum ada itu terbang layang di Lanud Timika yang belum sama sekali. Tapi kalau fasilitas pendukungnya sudah siap seperti hanggar dan gudangnya yang sudah siap,” jelasnya.

“Sementara untuk venue-venue yang dibangun PT Freeport Indonesia (FI) tinggal menunggu proses hibah kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk kemudian dihibahkan lagi ke Pemerintah Kabupaten Mimika”.