Peserta JKN-KIS Disarankan Gunakan Aplikasi Layanan Mobile JKN di Masa Pandemi

by -
IMG 20210430 WA0012
Pemaparan materi oleh Yulisna Saetapy

Merauke, fajarpapua.com –  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Merauke menggiatkan media gathering dan buka puasa bersama para awak media di Merauke yang berlangsung di Rumah Kopi De Warung (RKD) Jl. Mandala, Kamis (29/4).

Gathering BPJS Kesehatan dengan sejumlah wartawan itu, membahas materi yang berkaitan dengan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sebagai peserta JKN-KIS agar lebih menggunakan layanan Mobile JKN di masa Pandemi Covid 19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke melalui Kepala bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Yulisna Sahetapy mengatakan, di masa new normal dari pandemi Covid-19 ini, BPJS Kesehatan Cabang Merauke berkomitmen memberikan layanan terbaik dan mudah dalam kepesertaan Program JKN-KIS bagi masyarakat,  tanpa perlu bertatap muka atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan.

Peserta cukup melalui aplikasi layanan Mobile JKN di mana di dalaminya terdapat beberapa feature yang dapat diakses, antara lain pendaftaran peserta baru, info JKN, lokasi faskes, iuran dan catatan pembayaran, skrining kesehatan, ubah data kepesertaan dan pengaduan keluhan.

“Selain Mobile JKN peserta JKN-KIS juga dapat mengakses layanan Chika atau layanan informasi dan pengaduan melalui WhatsApp, telegram di nomor 0811- 8750-400 dan Facebook Messenger BPJS Kesehatan. Sedangkan layanan Vika memberikan informasi terkait status tagihan dan kepesertaan JKN-KIS melalui Call Center 1500-400. Peserta dapat mengakses layanan PANDAWA KC Merauke melalui nomor Hp 0812-4778-9935 untuk memperoleh layanan berupa daftar baru, tambah anggota kepesertaan, pendaftaran bayi baru lahir, ubah data identitas, ubah FKTP, perbaikan data dan pengaktifan kartu kembali,” jelas Yulisna Sahetapy dalam pemaparan materinya.

Yulisna berharap peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan berbagai aplikasi layanan yang ada, sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses kepesertaan JKN-KIS. “Kita harapkan masyarakat peserta dapat menggunakan kemudahan teknologi ini,” harapnya. (hrs)