BERITA UTAMANASIONALTEKNOLOGI

Iron Dome, “Juru Selamatnya” Israel, Sudah Rontokkan 2400 Roket Hamas, Bagaimana Cara Kerjanya ?

pngtree vector tick icon png image 1025736
17
×

Iron Dome, “Juru Selamatnya” Israel, Sudah Rontokkan 2400 Roket Hamas, Bagaimana Cara Kerjanya ?

Share this article
Iron Dome
Iron Dome

PERANG terbuka meletus di negeri para nabi “Israel”. Ratusan misil ditembakkan faksi Hamas dalam serangan balas dendam konflik masjid Al Aqsa.

Tembakan itu merupakan respons setelah jemaah Palestina di Masjid Al-Aqsa tiba-tiba diserbu polisi pada akhir pekan lalu.
Ratusan roket ditembakkan oleh Hamas, yang menyasar kota penting Tel Aviv dan dilaporkan menewaskan lima orang.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Namun dibalik konflik tersebut kembali menggaungkan nama Iron Dome, sistem pertahanan kubah besi Israel. Bahkan mereka menyebutnya Juru Selamat, lantaran kuba tersebutlah yang melindung warga sipil Israel dari hujan roket Hamas.

Cara kerjanya yang praktis namun mahal. Sekali misil ditembakkkan, menghabiskan dana Rp 1,1 miliar. Bayangkan berapa miliaran dana yang harus dihabiskan sehari menghadapi hujan milis Hamas?

Pusat kendali Iron Dome punya cara kerja yang super canggih. Hanya dalam hitungan detik, teknologi buatan Amerika itu mampu menghitung titik intersep, dan memerintahkan peluncuran sebelum misilnya mencapai area penduduk.

Tidak main-main, setiap peluncur dilengkapi 20 rudal Tamir dengan hulu ledak jarak dekat, dan ditempatkan di seluruh negeri.

Dari 100 persen serangan, hanya 10 persen yang mencapai pemukiman penduduk, sisanya dihancurkan di udara. Sistem komputernya dilaporkan selalu mengalami pembaruan untuk meningkatkan akurasi dari pertahanan terkuat Israel tersebut

Menariknya, sistem pertahanan tersebut berbentuk seperti korek api raksasa, yang selalu diarahkan ke Jalur Gaza.

Dikembangkan oleh Rafael Advanced Defence Systems, alutsista itu bisa beroperasi dalam cuaca berkabut, badai pasir, hingga hujan.

Tel Aviv berharap mereka bisa meningkatkan jangkauannya hingga 250 kilometer, dan mampu mencegat target dari dua sisi.

Yang istimewa, senjata pertahanan Iron Dome diklaim mampu merontokkan artileri 155 milimeter yang ditembakkan dari jarak 4 sampai 70 kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *