Alasan Masih Zona Merah, Mulai Juni Ini Mimika Sebatas Uji Coba Belajar Tatap Muka

by -
Kadis Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Silahoit
Kadis Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait

Timika, fajarpapua.com – Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua mulai Juni 2021 ini menerapkan sekolah tatap muka di seluruh Papua.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait mengatakan hal tersebut di Timika, Selasa (26/5).

Belajar tatap muka, kata dia, sesuai surat keputusan (SK) bersama 4 menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Jadi jelas sesuai dengan instruksi 4 menteri kemarin kita di sini sudah siap untuk sekolah tatap muka mulai Juni,” kata Christian Sohilait.

Ia menjelaskan, ada 6 Kabupaten di Papua yang masuk dalam zona merah yaitu, Wamena, Merauke, Biak, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Mimika yang nantinya dilakukan uji coba belajar tatap muka.

Sedangkan kabupaten lain yang masuk dalam zona hijau akan tetap melaksanakan belajar tatap muka.

“Beberapa tempat yang tidak zona merah itu kegiatan belajar tatap muka tetap jalan. Beberapa tempat yang masuk zona merah kita sedang try out mencoba beberapa yang sudah mulai dipersiapkan,” jelasnya.

Untuk melaksanakan belajar tatap muka, baik zona hijau, zona kuning dan zona merah perlu dukungan dari sejumlah OPD, karena aktifitas belajar tatap muka membutuhkan fasilitas pendukung.

“Untuk tatap muka itu paling tidak ada 8 sampai 9 OPD yang harus memberikan kontribusi kepada sekolah, jangan membiarkan sekolah jalan sendiri. Misalnya, ketika sekolah butuhkan air maka teman-teman DPU harus bantu, kalau sekolah butuh handsanitiser dan pengukur suhu tubuh dinkes harus bantu

Kalau tempat yang ada kerumunan Sat Pol PP bantu, begitu juga kendaraan umum yang mengangkut orang banyak dishub harus bantu dan terakhir itu semua ada di Pemda,” ungkapnya.

Dia menambahkan sebanyak 600 ribu anak dari tingkat SD hingga SMA/SMK yang akan melaksanakan belajar tatap muka mulai Juni mendatang yang tersebar di 2 ribu sekolah di Provinsi Papua.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.