Tidak Mampu Bayar, 52 Ribu Warga Mimika Non Aktifkan Kepesertaan BPJS Kesehatan

by -
Rapat bersama Pemda Mimika dan forum kemitraan
Rapat bersama Pemda Mimika dan forum kemitraan

Timika, fajarpapua.com – Sejak awal Tahun 2021, jumlah kepesertaan aktif BPJS Kesehatan di Kabupaten Mimika mengalami penurunan sebanyak 52 ribu peserta.

Dari hasil evaluasi, penurunan kepesertaan BPJS Kesehatan yang mencapai angka puluhan ribu tersebut terjadi karena penonaktifan kepesertaan.

Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob S.Sos, MM kepada fajarpapua.com usai pertemuan terkait masalah tersebut di Hotel Horison Diana, Jumat (4/6) membenarkan penonaktifan 52 ribu peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Mimika

“Hal ini terjadi karena peserta tidak mampu membayar iuran rutin yang harus dibayar tiap bulannya,” ujar Wabup JR.

Melihat persoalan ini, lanjut dia, para pemangku kepentingan di Kabupaten Mimika mencari jalan keluar sehingga persoalan ini bisa tertangani.

Dalam pertemuan tersebut salah satu cara yang akan dilakukan yaitu dengan mendatangi Kementerian Sosial RI.

“Kita berharap Kementerian Sosial bisa membantu warga yang mengalami kesulitan dalam pembayaran iuran BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Wabup JR mengakui untuk realisasi bantuan ini dirinya yakin agak sulit bagi Kementerian Sosial mengingat data lapangan yang tidak jelas.

“Tapi Pemda Mimika harus mendatangi dan melakukan lobi untuk meyakinkan para pejabat di Kemensos RI agar bisa membantu masalah ini,” ujarnya.

banner 300250

INFO IKLAN 0812-3406-8145