Intelijen Diminta Deteksi Aksi Terorisme Jelang Pesparawi dan PON XX Papua di Mimika

by -
Iwan Anwar
Iwan Anwar

Timika, fajarpapua.com – Sukses atau tidaknya dua event besar di Kabupaten Mimika yaitu Pesta Paduan Suara Gerejawi ( Pesparawi) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 sangat bergantung kepada keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Karenanya, aparat keamanan di Kabupaten Mimika harus memaksimalkan pengamanan menjelang hingga pelaksanaan 2 event tersebut.

Anggota Komisi A DPRD Mimika, H. Iwan Awar kepada fajarpapua.com berharap dua agenda tersebut berjalan dengan aman, tertib dan terkendali.

Dikatakan, belajar dari kasus di Merauke yang mana adanya beberapa teroris yang hendak melakukan tindakan yang membahayakan namun berhasil digagalkan oleh pihak keamanan.

“Kita bersyukur dapat mengantisipasi dan bisa melakukan tindakan yang sangat baik. Berkaca pada yang terjadi tindakan teror itu tidak disangka-sangka datangnya. Oleh karena itu kita mengingatkan ke pihak keamanan untuk mendeteksi dini ataupun mengingatkan ke Pam Swakarsa,” ujarnya.

PON XX Papua Didepan Mata, Apakah Mimika Siap Sebagai Tuan Rumah? Berikut Penilaian Artis Kelahiran Timika(Opens in a new browser tab)

BACA JUGA:  Data Final, Diikuti 21 Kabupaten/Kota, Jumlah Peserta Pesparawi XIII Setanah Papua 2.459 Orang

Dikatakan, PAM Swakarsa penting karena merekalah yang mengetahui lingkungan sekitar. “Sehingga kalau ada orang baru yang masuk segera laporkan ke pihak keamanan,” katanya.

Iwan meminta kinerja intelijen ataupun sejenisnya harus ditingkatkan. “Kalau kita lalai maka bisa terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

Ketiga, tindakan prefektif dari pihak keamanan. Jika sudah terkait dengan teror, bukan hanya kepolisian tetapi seluruh warga Mimika harus menjaga daerah ini.

“Saya mengimbau kepada kita semua untuk menjaga lingkungan, dalam arti ada orang baru diawasi, ada orang aneh ataupun apa diluar dari kebiasaannya terlebih lagi membuat tindakan yang mencurigakan maka segera laporkan sehingga hajat Pesparawi dan PON ini mari kita jaga dengan baik, sehingga kabupaten Mimika bisa menjalankan agenda pon pesparawi dengan aman dan tertib,” harapnya. (rul)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.