PON XX Papua Didepan Mata, Apakah Mimika Siap Sebagai Tuan Rumah? Berikut Penilaian Artis Kelahiran Timika

by -
Ari Sihasale saat konferensi pers di grand Mozza
Ari Sihasale saat konferensi pers di grand Mozza

Timika, fajarpapua.com – Pesta olahraga terbesar di Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 sudah di depan mata.

Pesta olahraga 4 tahunan yang rencananya digelar pada Oktober mendatang, Kabupaten Mimika dipercaya menjadi salahsatu tuan rumah bersama 4 kabupaten lainnya yang ada di Tanah Papua.

Sebagai daerah yang ditunjuk sebagai penyelenggara, Kabupaten Mimika sangat serius mempersiapkan diri dan bahkan telah menggelontorkan dana ratusan miliar untuk membangun venue dan mempersiapkan infrastruktur penunjang lainnya.

Bahkan dari penilaian sejumlah delegasi yang berkunjung ke 4 klaster penyelenggara PON XX Papua dan juga dari Tim Alenia’s Picture yang digawangi oleh artis kelahiran Timika, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, mungkin hanya Kabupaten Mimika yang sudah benar-benar siap.

Penilaian ini disampaikan oleh Tim Alenia’s Journey Uncover Papua saat menggelar konferensi pers di Hotel Grand Mozza Timika, Minggu (18/4) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Ketua Harian PB PON XX Papua Klaster Mimika, Marthen Paiding menegaskan kesiapan Kabupaten Mimika menjadi tuan rumah untuk 9 Cabor.

“Untuk Kabupaten Mimika sendiri, kami rasa sudah siap untuk menggelar PON XX mendatang,” ucap Paiding.

Keyakinan PB PON XX Papua Klaster Mimika itu diamini oleh Ari Sihasale dari Alenia’s Picture yang menilai Kabupaten Mimika telah siap mensukseskan PON XX Papua.

Optimisme ini diketahui setelah Team Alenia’s Pictures yang saat ini sedang membuat film dokumenter Alenia’s Journey Uncover Papua Road To PON XX/2021 Papua mengunjungi seluruh lokasi venue yang ada di Kabupaten Mimika.

“Secara pribadi, saya menilai persiapan Kabupaten Mimika menjelang PON XX Papua benar-benar sangat luar biasa. Seluruh venue pertandingan di Kabupaten Mimika sudah rampung termasuk fasilitas seperti perhotelan sudah bisa tampil 100 persen yang saya rasakan,” kata Ari Sihasale.

Kabupaten Mimika lanjutnya juga sangat diuntungkan dengan banyaknya cabang olah raga yang dipertandingkan di Klaster Mimika seperti Aeromodeling, Terbang Layang, Terjun Payung, Atletik, Bola Basket 5×5, Bola Basket 3×3, Panjat Tebing, Biliar, Bola Tangan, Futsal, Judo dan Tarung Drajat.

BACA JUGA:  Bahaya Kabel optik Internet Putus Saat PON XX, ini Kata Kominfo Papua

Dengan banyaknya pertandingan di Klaster Mimika, PON XX Papua yang merupakan kegiatan olahraga nasional berpotensi mendatangkan pengunjung, penonton dan tentunya atlit serta official yang besar.

Jika dimanfaatkan dengan baik, potensi tersebut lanjutnya akan sangat membantu dari segi pertumbuhan ekonomi, baik perhotelan, kuliner dan lainnya.

“Kita tunjukkan kepada masyarakat di luar Papua dan seluruh Indonesia bahwa Papua ini bukan hutan lagi. Papua sudah maju, sehingga teman-teman yang dari luar bisa tahu, dan bisa membuka pikirannya,” lanjutnya.

Meski demikian ujar Ari Sihasale, untuk menyukseskan gelaran PON XX khususnya di Klaster Mimika, perlu juga dukungan dari semua lapisan masyarakat Mimika.

Salah satunya dengan berupaya meningkatkan potensi baik ekonomi, budaya dan pariwisata yang layak ditampilkan pada perhelatan PON XX Papua.

“Di Timika tentunya sudah jelas banyak budayanya dari tarian, seni ukir dan kuliner, hotel-hotel juga ada jadi Papua khususnya Timika sangat siap menjadi tuan rumah PON XX yang sangat luar biasa,” jelasnya.

Kepedulian masyarakat Papua khususnya warga Kabupaten Mimika untuk menyukseskan PON XX Papua sangat dibutuhkan karena perhelatan ini merupakan kebanggaan Papua.

“Belum tentu provinsi lain bisa menjadi tuan rumah PON. Ini adalah sejarah baru di Indonesia Timur hanya Papua yang siap menggelar PON XX ini, kita harus dukung dan sukseskan PON XX” tegas Ari Sihasale.

Sementara Nia Zulkarnaen menambahkan, bahwa PON XX/2021 Papua ini seyogyanya meski digekar dalam skala nasional tetapi harus memiliki rasa Internasioal.

“Kemungkinan besar negara luar Indonesia juga turut melihat pertandingan PON XX Papua. Pembukaan PON XX Papua nantinya juga mengundang orang-orang negara tetangga kita,” ucap Nia Zulkarnaen.