Kapolsek Miru : Korban Kejahatan Lapor Polisi, Bukan Curhat di Sosmed, Manfaatkan Call Centre 110

by -
IMG 20210615 WA0004
Kapolsek Mimika Baru, AKP Dionisius Helan SIK

Timika, fajarpapua.com – Masyarakat Kota Timika diharapkan memanfaatkan Call Centre 110 jika melihat maupun menjadi korban tindak kejahatan.

“Jika melihat maupun menjadi korban tindak kejahatan, jangan curhat di media sosial, tapi segera lapor polisi. Meski saat ini media sosial menjadi bahan utama masyarakat untuk mendapatkan perhatian dari orang lain,” ujar Kapolsek Mimika Baru, AKP Dionisius Helan SIK kepada fajarpapua.com saat ditemui di ruang kerjanya.

Hal ini lanjutnya, menunjukkan masyarakat belum banyak mengetahui manfaat dari Call Centre 110 Polres Mimika yang sebenarnya berguna untuk melaporkan langsung kejadian tindak kejahatan ke kantor polisi terdekat.

Dirinya mengungkapkan dari pengamatan banyak tindak kriminal khususnya pencurian yang diunggah di media sosial.

Namun sedikit bahkan ada yang tidak dilaporkan, sehingga polisi tidak dapat melakukan penyelidikan karena tidak ada dasar yaitu laporan dari masyarakat langsung.

“Ini kan di medsos banyak yang menyampaikan bahwa ada perampasan motor, ada pencurian laptop, ada pencurian mesin motor, namun sejauh ini hanya viral di media sosial, tapi dia tidak datang ke kantor polisi terdekat. Polisi bisa melakukan penyelidikan itu kalau ada dasar dasar dalam hal itu laporan dari masyarakat,” katanya.

Dijelaskan petunjuk dari Kapolres Mimika, kepolisian harus memberikan pelayanan terbaik sesuai tugas dan fungsinya dalam menjaga Kamtibmas, dalam hal ini melindungi, mengayomi dan melayani.

“Tetapi kalau masyarakat hanya curhat di media sosial, tapi tidak memberikan laporan ke polisi atau menghubungi polisi terdekat, polisi tidak bisa melakukan penyelidikan kalau tidak ada dasar,” tegasnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145