33 Karyawan Freeport Diamankan Polisi, Tolak Vaksinasi Palang Jalan Mile 72 Ridge Camp

by -
Aktivitas angkutan bus karyawan Tembagapura.
Aktivitas angkutan bus karyawan Tembagapura.

“Saya konfirmasi ke pihak manajemen bubarkan secara paksa, tegas tapi terukur, banyak yang lari ada yang jatuh kaki luka kita obati ke klinik,” katanya.

Selanjutnya aparat kepolisian mengamankan 33 karyawan yang diduga provokator aksi pemalangan tersebut. 33 karyawan itu dibawa langsung ke Polres Mimika di Mile 32.

“Sebagian diamankan dan diturunkan di Mile 32 agar tidak mempengaruhi yang lain lagi, dari manajemen maunya begitu,” tegas Menase.

Menurut dia, selaku Kapolsek Tembagapura pertama orang asli Papua sangat prihatin dengan aksi masyarakatnya sendiri yang terlibat aksi pemalangan. Dia berharap kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Yang mereka harus pikirkan itu kerja dengan baik, mereka kan tulang punggung keluarga. Pengalaman beberapa tahun lalu banyak yang dirumahkan akibat demo, ada yang jadi tukang ojek. Jadi apa yang kita jelaskan itu untuk kepentingan mereka, kepentingan orang Papua,” bebernya.

Diungkapkan peristiwa pemalangan di area kerja PTFI bukan satu kali ini terjadi melainkan sudah ke tujuh kalinya. Padahal program vaksinasi di PTFI sudah berjalan lancar hanya saja oknum tertentu yang tidak menerimanya.

“Ini program pemerintah sudah jelas wajib saya dukung, memberikan sosialisasi ke masyarakat yang lain supaya menyelamatkan dirinya. Padahal Tembagapura vaksinasi lancar, malah tiap hari banyak orang yang mau divaksin,” jelas Menase.

Ditambahkan, aksi tegas kepolisian dalam membubarkan masa secara paksa tidak ada unsur diskriminasi terhadap orang Papua. Ketegasan ini juga dapat memberikan manfaat positif bagi perusahaan dan karyawannya sendiri sehingga tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Pada intinya ini tidak ada unsur diskriminasi terhadap orang Papua, dari pihak manajemen dan aparat kepolisian sudah bersabar, baru kali ini saja kita ambil tindakan secara tegas,” imbuhnya. (rul)

INFO IKLAN 0812-3406-8145
DEMO AGEN MINYAK TANAH, TUNTUT KEPASTIAN SURAT IJIN LINGKUNGAN