Kapal Pengangkut 67 Bus untuk Kluster Tiba di Pomako, Sekum: Siang Ini Menpora Kunjungi Sekretariat PON Mimika

by -
Bus PON tiba di Pelabuhan Pomako Timika.
Bus PON tiba di Pelabuhan Pomako Timika.

Timika, fajarpapua.com – Kapal Motor Dharma Rucitra 01 yang mengangkut 67 bus PON kluster Mimika sudah tiba di Pomako, Sabtu (29/8) pagi.

Sekretaris Umum Sub PB PON Kluster Mimika, Cesar Avianto Tunya ketika dikonfirmasi fajarpapua.com Sabtu pagi mengemukakan, setelah tiba di Pomako, siang ini bus langsung dibawa ke Timika.

“Sekarang petugas lagi di Pomako, siang bus sampai Timika. Nanti diparkir di tempat pengujian di SP 2,” tuturnya.

Selain itu Cesar menjelaskan, pukul 10.00 pagi ini Menpora akan berkunjung ke sekretariat PON Kluster Mimika.

“Bapak dan Ibu harap kumpul di Sekretariat PON jam 10 pagi ini. Kita akan dapat kunjugan Pak Menteri Pemuda dan Olahraga,” tulis Cesar dalam WAG PON Papua kluster Mimika.

Terpisah, Dinas Perhubungan Provinsi Papua menyebut bantuan kendaraan berupa bus PON XX dan Peparnas XVI untuk klaster Merauke dan Timika telah dikirim dari Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Recky D. Ambrauw dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan Direktur ASDP Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI mewakili Menteri Perhubungan (Menhub) melepas KMP Dharma Rucitra 1 dari Pelabuhan Tanjung Priok, yang mengangkut bantuan bus POX XX dan Peparnas XVI Papua 2021.

“Bantuan kendaraan untuk klaster Kabupaten Merauke dan Mimika secara resmi dilepas oleh Dirjen Perhubungan Darat di Tanjung Priok Jakarta pada 21 Agustus 2021,” katanya.

BACA JUGA:  25 Kelompok Mahasiswa Dilibatkan Dalam PON, Kadis PU Papua : Agar Kaum Muda Bisa Ikut Merasakan

Menurut Recky, bantuan kendaraan untuk klaster Kabupaten Merauke terdiri dari Bus Medium 30 Unit dan Micro Bus 15 Unit, sementara untuk klaster Kabupaten Mimika Bus Medium 42 Unit dan Micro Bus 25 Unit.

“Bus untuk klaster Kabupaten Merauke dan Mimika diangkut menggunakan KMP Dharma Rucitra 1, diperkirakan tiba di Timika pada 29 Agustus dan di Merauke 31 Agustus 2021,” katanya.

Dia menjelaskan selanjutnya pada 24 Agustus 2021 akan diberangkatkan sebanyak 316 Unit Bus untuk klaster Kota dan Kabupaten Jayapura.

“Kemenhub telah menyiapkan kendaraan 428 unit bus dalam rangka mendukung gelaran PON XX PEPARNAS Papua,” ujarnya.

Dia menambahkan sebelum bus bantuan Kemenhub dikirim ke Papua, sebanyak 217 dari 428 bus dipasangi GPS atau Global Positioning System oleh Dinas Kominfo Papua pada Juli lalu.

“Keberadaan GPS diharapkan mampu memaksimalkan layanan tranportasi darat bagi atlet dan ofisial, lewat sistem aplikasi, saat PON XX dan Peparnas XVI gelar,” katanya lagi.(tes)

INFO IKLAN 0812-3406-8145
PESPARAWI XIII 2021 TANAH PAPUA | PAPUA BARAT JUGA IKUT SERTA DALAM PENYELENGGARAAN PESPARAWI XIII