Gelar Pelatihan Bagi Lembaga Kesenian Daerah, Sriyanti: Anggaran Kecil, Susah Jalankan Program

by -
Kegiatan pelatihan kesenian tradisional yang digagas Disporaparbud Mimika. Insert: Sriyanti
Kegiatan pelatihan kesenian tradisional yang digagas Disporaparbud Mimika. Insert: Sriyanti

Timika, fajarpapua.com – Untuk meningkatkan kapasitas tata kelola lembaga pengembangan kesenian daerah, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Mimika menggelar pelatihan kesenian tradisional yang digelar di Multi Purpose Grand Tembaga Hotel, Rabu (1/9).

Sekretaris Disporaparbud Kabupaten Mimika, Sriyanti seusai pembukaan kegiatan kepada wartawan mengatakan tujuan diadakannya pelatihan tersebut agar para peserta yang merupakan pengelola sanggar-sanggar bisa mendapatkan ilmu untuk menata manajemen dan pengelolaan sanggar mereka dengan baik.

Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan kepada sanggar untuk dibina ditingkat daerah sebagai usaha meningkatkan mutu dan kreativitas yang dimilikinya.

“Itu harapan kita agar mereka bisa maksimal dalam mengelola sanggar mereka,” tuturnya.

Dengan pelatihan inj lanjutnya, agar pemilik sanggar yang aktif di Timika bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada bantuan dari pemerintah.

Dijelaskan pula bahwa pemateri kegiatan tersebut berasal dari pusat yang disampaikan melalui daring (zoom meeting) dan tatap langsung oleh pemateri lokal.

“Untuk peserta kegiatan ini berasal dari 50 perwakilan sanggar yang aktif di Timika,” imbuhnya.

Terkait dengan pembinasn sanggar seni di Kabupaten Mimika yang kurang maksimal diakui lebih karena minimnya alokasi dana yang diterima dinas.

“Jujur saja, anggaran kecil menjadi kendala bagi kami di dinas untuk menjalankan program-program kerja terutama pengembangan bidang budaya,” paparnya. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.