10 Jam “Down”, Profesional Hacker Serang Website fajarpapua.com, Team Anti Hack Bekerja Super Keras

by -
Rekaman serangan IP dan server yang down akibat hantaman ribuan IP peremenit ke server fajarpapua.com
Rekaman serangan IP dan server yang down akibat hantaman ribuan IP peremenit ke server fajarpapua.com

Timika, fajarpapua.com – Website portal media online fajarpapua.com diserang hacker, sejak pukul 07.00 WIT Rabu (20/10). Serangan yang dilancarkan berdampak cukup parah membuat Team IT dari fajarpapua.com harus bekerja ekstra keras untuk memulihkan layanan website agar dapat diakses kembali.

Pada pagi hari supporting dari Alibaba Singapura menginformasikan lewat e-mail bahwa layanan server fajarpapua.com telah dilakukan metode blackhole (memasukan layanan fajarpapua kedalam mitigasi sehingga efek tidak merambat ke layanan server yang lain).

Hal ini tentu membuat team IT bergerak cepat agar dapat melakukan pemetaan serangan juga langkah yang harus diambil.

banner 300250

Dari hasil pengamatan awal server terkena dampak DDoS (distributed denial of service) paket sebesar hampir 2gb/s dikirimkan dengan ratusan ip permenit. Alhasil membuat resource yang ada terpakai habis dan bahkan down, dilihat dari metode serangan bisa dikatakan bahwa ini berskala besar.

Tak sampai di situ terdapat juga brute force attack di halaman admin tetapi syukur bahwa keamanan yang digunakan sudah cukup berlapis dan mampu menangkal serangan tersebut.

Team anti hack dari fajarpapua.com langsung menyisir file penting agar tidak terdapat backdoor dari penyerang yang barangkali sudah disusupkan, dan pada pukul 18.00 WIT atau setelah down sekitar 10 jam, layanan website fajarpapua sudah pulih sekitar 80 persen.

Proses recovery dan backup masih sedang dilakukan guna mengantisipasi hal yang mungkin terjadi kedepan.

Izzy manager team IT dari fajarpapua.com menuturkan serangan seperti ini biasa terjadi dalam dunia cyber.

“Saya mantan penyerang, dan ketika diberikan tanggung jawab menjaga fajarpapua saya harus berada di posisi bertahan,” paparnya.

Berbekal pengalaman dan team yang mumpuni serangan kini telah di reduce hingga tersisa 20 persen.

“Semakin diserang, kami akan semakin kuat karena mengetahui hole atau vulnerability yang ada pada website maupun infrastruktur server kami,” tutupnya.

Sampai berita ini diturunkan website masih terus diserang dengan bandwitdh mencapai 1gb/s(x)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.