Pantai Kekwa Potensi Pariwisata Bahari Yang Belum Disentuh Pemda Mimika

by -
Rombongan anggota DPRD Mimika foto bersama warga di Pantai Kekwa
Rombongan anggota DPRD Mimika foto bersama warga di Pantai Kekwa

Timika, fajarpapua.com – Pesisir Pantai Kekwa, Distrik Mimika Tengah memiliki pemandangan yang luar biasa indah dan bahkan sunsetnya menjadi salahsatu yang terbaik di Kabupaten Mimika.

Sayangnya, potensi pariwisata bahari yang jika dikelolah dapat menjadi salahsatu sumber pendapatan asli daerah di masa depan ini belum disentuh oleh Pemda Mimika.

banner 300250

“Tambang akan habis tapi keindahan pantai dengan laut yang membentang luas tidak akan habis dan itu salah satu masa depan emasnya masyarakat Mimika yang ada di Pantai Kekwa,” kata Michael Amareyao kepada wartawan usai pertemuan dengan Anggota DPRD Mimka, Kamis (20/10) lalu di Kekwa.

Menurut Michael memang di Pantai Kekwa saat ini ada 15 unit villa yang terdiri dari 5 unit villa milik Pemda Mimika dan 10 unit milik seorang pengusaha putra daerah, Maximus Tipagau.

Namun upaya untuk memperkenalkan Pantai Kekwa sebagai destinasi wisata bahari di Kabupaten Mimika belum dikakukan.

“Selain membangun dan menyiapkan fasilitas akomodasi, pemerintah daerah juga harus mempromosikan Pantai Kekwa sebagai tempat yang nyaman untuk siapa saja yang datang berkunjung,” ujarnya.

Michael mengusulkan Pemda Mimika membuat program kunjungan wisata ke Pantai Kekwa untuk para pegawai pemerintahan.

“Program ini sebagai upaya memperkenalkan Pantai Kekwa, kalau banyak pegawai yang berkunjung dan mereka muat di Medsos masing-masing, Kampung Kekwa jadi terkenal dan orang luar pasti mau datang kesini,” kata Michael.

Selain itu destinasi wisata bahari Pantai Kekwa juga harus diperkenalkan ke lingkungan kerja PTFI dan kontraktornya.

Michael yakin jika sudah dikenal, karyawan diakhir pekan bisa berkunjung ke Pantai Kekwa bersama keluarga mereka.

Untuk fasilitas akomodasi di Pantai Kekwa yang ada sudah cukup memadai sebagai destinasi wisata alam.

“Untuk akomodasi, villa yang ada sudah dilengkapi dengan kasur, bantal, air bersih, listrik dan papan selancar bagi mereka yang suka berselancar,” urainya.

Anggota Komisi B DPRD Mimika, Muhammad Nurman Karopukaro mengatakan, pihaknya akan membicarakan ini dengan pemerintah daerah.

“Komisi B akan memberikan perhatian serius terhadap pengembangan Pantai Kekwa yang indah dan menarik jadi pusat wisata bahari di Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Terkait permintaan warga agar Pemda Mimika membuka Pantai Kekwa menjadi destinasi wisata, Nurman mengatakan masyarakat harus terlebih dahulu menyiapkan pengetahuan dan mental agar siap menerima wisatawan yang datang.

Selain itu DPRD Mimika juga harus ikut berpikir bersama pemerintah daerah untuk mengembangkan Pantai Kekwa menjadi wisata bahari Kabupaten Mimika kedepannya.

“Jika satu saat tambang habis pariwisata yang jadi pundi-pundi baru Pemda Mimika,” tutupnya. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.