Medan Berat dan Sering Crash, Penasaran Berapa Sih Gaji Seorang Pilot Perintis di Papua?

by -
Korban pesawat Smart Air dievakuasi dari Ilaga.
Korban pesawat Smart Air dievakuasi dari Ilaga.

Penulis: Mustofa
(Redaktur fajarpapua.com)

Berprofesi sebagai pilot adalah hal yang membanggakan sehingga tidak mengherankan banyak dari orang tua di Indonesia menginginkan anaknya kelak menjadi “Sopir” pesawat terbang.

Selain memiliki tanggung jawab yang besar, jika dilihat dari keterampilan yang dimiliki tidak heran jika gaji pilot digadang-gadang terbilang tinggi.

banner 300250

Namun sebenarnya ada fakta miris yang fajarpapua.com dapat dari pengakuan seorang pilot pesawat perintis di Papua maupun yang ditemui saat menjelajahi dunia maya.

Ya… Ternyata saat ini masih ada profesi pilot terkhususnya yang fresh graduate yang mendapat basic gaji setara upah minimum regional (UMR) disejumlah daerah di Papua.

Bahkan didapati informasi, ada maskapai penerbangan perintis yang beroperasi di Timika yang memberi basic gaji harian sebesar 200 ribu rupiah atau sebesar 4 juta hingga 6 juta rupiah.

Memang dari penelusuran fajarpapua.com diketahui, untuk besaran gaji pilot pesawat perintis yang banyak beroperasi di wilayah 3T (tertinggal, terisolasi, terluar) terlrmasuk di Papua memang tidak sebesar gaji pilot pada maskapai umum lainnya.

Dalam artikelnya Cristianto Utama yang diunggah di portal https://artikel.rumah123.com pada 18 Oktober 2021, dikatakan sebelum mengetahui beberapa nominal gaji pilot, kita harus memahami dulu 3 faktor yang mempengaruhi jumlahnya.

Ketiga faktor tersebut adalah, 1) Jam terbang atau pengalaman pilot; 2) Maskapai penerbangan tempat pilot bekerja dan 3) Pangkat atau jabatan yang dimiliki.

Setelah mengetahui ketiga faktor tersebut, barulah kita bisa memetakan daftar gaji pilot di Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber, gaji pilot dibagi berdasarkan 3 golongan pangkat sebagai berikut : 1) Second Officer – Rp 15.000.000 hingga Rp 20.000.000 per bulan; 2) Co-Pilot – Rp 30.000.000 hingga Rp 40.000.000 per bulan dan 3) Captain – Rp 45.000.000 hingga Rp 50.000.000 per bulan

Selain dari pangkat dan jam terbang, ada juga daftar gaji pilot yang bisa dibedakan dari maskapai penerbangan tempatnya bekerja.

Lalu berapa gaji pilot perintis di wilayah Papua yang notabene memiliki medan yang sangat berat sehingga tidak jarang terjadi musibah yang merenggut nyawa Pilot, Co-pilot maupun kru pesawat lainnya.

Memang cukup sulit untuk mencari fakta sebenarnya berapa besaran gaji yang diterima oleh “Sopir” pesawat perintis tersebut karena banyak manajemen maskapai penerbangan perintis yang terbuka dengan salary yang mereka berikan.

Dari penelusuran fajarpapua.com, salahsatu maskapai penerbangan perintis yang cukup terbuka dengan tingkat salary yang mereka berikan kepada para pilotnya adalah Maskapai Susi Air milik Mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti.

Dalam artikel yang ditulis Sativa Wahyu yang dilansir https://infogaji.id pada 9 September 2021 lalu, maskapai penerbangan perintis Susi Air menggaji pilotnya dengan nilai antara 3,9 juta hingga 39 juta rupiah perbulan.

Namun ditulis pula, bahwa gaji rata-rata untuk pilot di Susi Air berkisar 21 juta rupiah.

Gaji tersebut merupakan nilai yang diberikan oleh Susi Air untuk pilot junior yang belum mempunyai banyak jam terbang.

Sedangkan untuk pilot senior dengan jam terbang tinggi, bisa mendapat gaji yang lebih besar dari itu.

Namun kabarnya, Capaian pendapatan tersebut belum termasuk benefit noncash lain, seperti tunjangan kesehatan, asuransi personal, lost of flying licence, iuran pensiun, BPJS, kesehatan pensiun, penghargaan masa kerja, dan penghargaan pensiun yang bervariasi di setiap maskapai.

Seperti disadur fajarpapua.com dari https://pontianak.tribunnews.com di edisi 19 Oktober 2021 lalu ditulis profesi pilot juga dibekali dengan berbagai proteksi dan fasilitas jaminan karier yang beragam, mulai dari jaminan kesehatan bagi yang bersangkutan dan keluarganya, jaminan kecelakaan, bahkan jaminan profesi jika terjadi sesuatu yang mengakibatkan hilangnya lisensi terbang.

Pilot juga mendapatkan jaminan kesehatan dengan kategori di atas rata-rata.

Jaminan tersebut bisa meng-cover tindakan operasi. Bahkan, operasi sakit jantung sampai pemasangan ring dapat di-cover.

Jaminan lainnya juga diberikan apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan pilot cacat tetap atau meninggal.

Fasilitas lain yang dimiliki pilot adalah layanan antar jemput dari dan ke bandara hingga fasilitas konsesi berupa tiket penerbangan bagi pilot dan keluarga yang lumrah ditemui pada pegawai maskapai penerbangan.

Seorang pegawai berhak mendapatkan konsesi tiket atau jatah tiket terbang gratis ataupun potongan harga di bawah harga normal tiket penerbangan untuk semua rute penerbangan yang dilayani maskapai tersebut.

Fasilitas dan range pendapatan yang tinggi tersebut tentunya juga berbanding lurus dengan beban kerja seorang pilot.

Apalagi pada saat melangkah ke dalam kabin pesawat, kita sebagai penumpang secara otomatis menaruh kepercayaan kepada pilot.

Besaran Gaji Pilot Komersial

Kemudian kita beralih ke besaran gaji yang didapatkan oleh pilot komersial di Indonesia?

Tim fajarpapua.com mencoba melakukan penelusuran terhadap besaran gaji pilot komersial untuk menjawab yang penasaran kita, simak langsung jawabannya di bawah ini :

A. Maskapai Garuda Indonesia

  1. First Officer
    Bagi lulusan akademi pilot Garuda yang sudah diterima kerja oleh Garuda, ia akan mendapatkan jabatan awal sebagai first officer dengan gaji saat ini kurang lebih sebesar 20 juta rupiah.
    Pilot pemula ini hanya boleh mengemudikan jenis pesawat kecil dengan tujuan jarak dekat.
  2. Kapten Pilot
    Jabatan paling tinggi dalam pilot Garuda adalah kapten. Gaji yang didapatkan oleh seorang kapten hampir menembus 50 juta bahkan bisa lebih.

Yang di jelaskan di atas yaitu besaran gaji pilot Garuda yang terbaru. Gaji tersebut bisa lebih tinggi secara bertahap sesuai dengan lamanya bekerja, jenjang karir dan prestasi tertentu yang belum tentu dimiliki oleh pilot lain.

B. Maskapai Citilink
Gaji pilot pemula untuk Citilink berkisar 15 sampai 20 juta rupiah setiap bulan. Gaji co pilot ini bisa mencapai antara 30 juta sampai 40 juta rupiah tiap bulannya.
Sementara kapten pilot Citilink bisa membawa pulang penghasilan mulai 45 hingga 47 juta rupiah setiap bulannya.

C. Maskapai Lion Air
Gaji pilot Lion Air adalah 45 juta rupiah per bulan, untuk co pilot sekitar 35 juta rupiah per bulan. Angka tersebut belum termasuk berbagai tunjangan lain yang akan didapat. Ada flight allowance yang besarnya sampai 10 juta rupiah per bulan.

D. Maskapai AirAsia
Gaji pilot AirAsia saat ini kurang-lebih 35,9 juta rupiah per bulan untuk gaji pokoknya.
Gaji pilot Air Asia bila ditambah beberapa penghasilan tambahan lain totalnya bisa menembus angka 86,7 juta rupiah. (Dilengkapi tulisan dari berbagai sumber)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.