Dandim: 400 Personel TNI/Polri Amankan Kegiatan Keagamaan di Timika

by -
Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya
Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya

Timika, 26/10 (ANTARA) – Sebanyak 400 personel gabungan TNI/Polri dikerahkan mengamankan dua kegiatan keagamaan di Kabupaten Mimika di antaranya Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII tingkat Provinsi Papua dan Konferensi Gereja Kingmi.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya di Timika, Selasa, mengatakan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan dua kegiatan keagamaan itu maka dibutuhkan peran serta dan dukungan penuh dari seluruh warga Mimika.

“Kegiatan tersebut bisa berjalan lancar kalau semua masyarakat menjaga situasi Timika tetap aman dan kondusif. Apalagi akan ada banyak tamu yang datang dari berbagai daerah ke Timika maka sangat diharapkan semua pihak sama-sama saling mendukung dan menjaga situasi keamanan di wilayah Timika tetap kondusif,” kata Letkol Yoga.

banner 300250

Dandim Mimika cukup optimistis dua kegiatan keagamaan itu dapat berlangsung sukses lantaran sebelumnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dimana Timika menjadi salah satu kota penyelenggara juga dinilai sukses menyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional itu.

“Kegiatan PON saja yang tamunya lebih banyak bisa kita selenggarakan dengan baik, apalagi kegiatan Pesparawi dan Konferensi Kingmi dimana tamu yang datang tidak sebanyak saat PON. Kita harapkan semuanya bisa terselenggara dengan baik dan tidak ada terjadi permasalahan apapun,” ujarnya.

Kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua akan digelar di Timika mulai 30 Oktober hingga 6 November. Sementara kegiatan Konferensi Gereja Kingmi juga akan berlangsung di Timika, tepatnya di Gereja Kingmi Jemaat Marthen Luther Mile 32, Distrik Kuala Kencana mulai 1 hingga 6 November.

Saat ini kontingen dari beberapa kabupaten di Papua sudah mulai berdatangan ke Timika untuk mengikuti kegiatan Pesparawi XIII yang rencananya akan dibuka secara virtual oleh Menteri Agama  Yaqut Cholil Qoumas.

“Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua akan dibuka langsung oleh Bapak Menteri Agama RI secara langsung melalui fasilitas live streaming dari Arab Saudi. Beliau akan menyampaikan sambutan dan membuka seluruh kegiatan Pesparawi XIII tingkat Provinsi Papua,” jelas Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob.

John Rettob yang sekaligus bertindak sebagai Ketua Panitia Pesparawi XIII Provinsi Papua mengatakan kegiatan Pesparawi XIII akan diikuti oleh kontingen dari 21 kabupaten/kota dengan jumlah peserta yang hadir diperkirakan sekitar 3.000-an orang.(ant)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.