Jadi Tuan Rumah Pesparawi XIV 2024, Tiap Tahun Pemda Keerom Gelontor Rp 10 Miliar untuk Persiapan

by -
Ketua LPPD Papua, Elia Loupaty menyerahkan SK penetapan tuan rumah Pesparawi XIV kepada Bupati Keerom, Piter Gusbager.
Ketua LPPD Papua, Elia Loupaty menyerahkan SK penetapan tuan rumah Pesparawi XIV kepada Bupati Keerom, Piter Gusbager.

Timika, fajarpapua.com – Kabupaten Keerom terpilih sebagai tuan rumah Pesparawi XIV tahun 2024 mendatang. Terpilihnya Keerom disahkan melalui Surat Keputusan bersama LPPD Nomor O9/XI/2021 tentang penetapan Kabupaten Keerom sebagai tuan rumah Pesparawi XIV.

Pemilihan dilakukan disela-sela kegiatan Musda di Hotel Horison Diana Timika, Jumat (5/11). Usai pemilihan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penetapan Keerom sebagai tuan rumah oleh Ketua LPPD Provinsi Papua, Kakanwil Kementerian Agama Papua dan Papua Barat.

banner 300250

Dalam pemungutan suara, Kabupaten Keerom memperoleh 39 suara, Nabire 10 suara, Kepulauan Yapen 1 suara, dan Kabupaten Jayapura mendapat 2 suara.

Pemilihan ini diikuti oleh LPPD Papua dan Papua Barat, Kakanwil Kementerian Agama, Kakandep Kementerian Agama seluruh Papua dan Papua Barat.

Ketua LPPD Provinsi Papua, Elia Loupatty menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua LPPD provinsi, kabupaten/kota, Kementerian Agama dan panitia yang telah menyukseskan Pesparawi XIII ini.

“Peserta sudah memilih dan Keerom terpilih sebagai tuan rumah Pesparawi berikutnya. SK bersama sudah LPPD dan Kementerian Agama tandatangani. Jadi Pemkab Keerom bersama masyarakat sudah mulai melakukan persiapan-persiapan menuju perhelatan besar gerejawi setanah Papua ini,” ujar Elia.

Bupati Keerom Piter Gusbager mengatakan Kabupaten Keerom siap menyukseskan Pesparawi 2024 mendatang.

“Keerom ada di daerah perbatasan dan memiliki budaya sama dengan mereka di negara PNG. Gereja Katolik dan GKI PNG sudah nyatakan akan hadir dan ambil bagian dalam Pesparawi Keerom 2024. Secara budaya Keerom hampir sama dengan keluarganya di PNG,” tukasnya.

Menyambut pesta iman ini, Bupati Gusbager menjelaskan untuk kepentingan Pesparawi pihaknya akan menggelontorkan dana tiap tahun untuk membangun fasilitas akomodasi dan kebutuhan lainnya sebesar Rp 10 miliar. (mar).

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.