Minat Membaca Anak Timika Turun 80 Persen, Jacob : Akibat Pandemi Covid-19 yang Tak Kunjung Hilang

by -
Jacob Tohisuta
Jacob Tohisuta

Timika, fajarpapua.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika Jacob Toisuta mengatakan minat membaca anak-anak Timika turun hingga 80 persen. Hal ini disebabkan pandemi covid-19 yang tak kunjung hilang.

Sebagai perbandingan, sebelum pandemi, pengunjung perpustakaan Timika bisa mencapai puluhan anak. Namun selama pandemi, pengunjung dibawah 10 orang.

“Kalau dibilang menurun ya seperti itu faktanya, kalau dulu sebelum pandemi masih ramai pengunjung,” ujar Jacob saat ditemui wartawan di Puspem, Kamis (11/11).

banner 300250

Tidak hanya di perpustakaan yang sepi pengunjung, tapi di beberapa titik taman baca yang ada di wilayah kota Timika pun sepi pengunjung. “Di Jalan Seroja itu masih ada, tapi juga tidak seramai biasanya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Akhirnya Obat COVID-19 Dipasarkan Mulai Desember

Dikatakan Jacob untuk meningkatkan minat baca anak bukan hanya jadi tanggungjawab Dinas Perpustakaan. “Dari sekolah juga harus ikut serta memberikan literasi, dan juga orang tua khususnya, karena kami hanya memfasilitasi dan mendorong dari belakang, selebihnya kami harap semua ikut mendukung,” ujarnya. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.