KKB Tembak Helikopter di Landasan Suru-suru Yahukimo, Satu Personil Taipur Kostrad Terkena Peluru

by -
Ilustrasi penembakan.
Ilustrasi penembakan.

Timika, fajarpapua.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Sabtu (27/11) dilaporkan menyerang helly (helikopter) yang ditumpangi personil Taipur Kostrad di Landasan Suru-suru, Kabupaten Yahukimo. Pada peristiwa itu, seorang personil tertembak di bagian dada.

Informasi yang dihimpun fajarpapua.com Sabtu malam, kontak tembak terjadi pukul 08.20.WIT sampai 08.30 WIT, di Landasan Suru-Suru, Koramil Persiapan Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo.

Adapun kronologis kejadian, pada pukul 07.20 WIT, sebanyak 16 orang personel Timsus Taipur melakukan serpas menuju Distrik Suru-Suru.

Serpas menggunakan dua Helly, untuk serpas yang menggunakan Helly Caracal sebanyak 10 personil dipimpin Sertu Eko Budi (Wadantim 2), sedangkan Belt 412 sebanyak 6 personil dipimpin Letda Inf Helmi A (Dantim 1).

BACA JUGA:  Pos Satgas Nemangkawi Ditembak Jelang Penarikan Pasukan, Polda Papua Ungkap Kronologisnya

Pukul 07.30 WIT, kedua Helly telah tiba di landasan Suru-Suru. Dari pantauan Helly Belt terpantau 3 orang KKB dengan dua pucuk senjata melakukan penembakan di ujung bandara, sehingga Helly Belt tidak melakukan pendaratan.

Sedangkan Helly Caracal langsung mendarat. Pada saat penurunan personel kelompok KKB menembak ke arah pesawat sehingga mengakibatkan satu orang personel Taipur mengalami luka tembak.

Adapun identitas korban Pratu Rahmad Arif Hakim. Saat mendarat Anggota Koramil Suru-Suru sudah memberi tanda bendera merah ke Helly bahwa lapangan sudah dikepung KBB, namun pilot tetap melakukan pendaratan.

Korban rencananya akan dievakusi ke Timika menunggu Helly dari Timika.(red)

A valid URL was not provided.