BERITA UTAMAMIMIKA

DPRD Mimika Kembali Aktifkan Bapemperda, Anggaran Membengkak, Alasan Target Ini yang Ingin Dicapai

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

DPRD Mimika Kembali Aktifkan Bapemperda, Anggaran Membengkak, Alasan Target Ini yang Ingin Dicapai

Share this article
Kantor DPRD Mimika.
Kantor DPRD Mimika.

Timika,fajarpapua.com – Kelembagaan DPRD Mimika pada tahun 2022 mendatang akan mengaktifkan kembali Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). Diharapkan badan tersebut dapat menghasilkan 3-4 peraturan daerah (Perda) usul inisiatif DPRD Mimika.

Ads

“Tentu untuk kepentingan ini DPRD Mimika dapat menganggarkan anggaran yang besar agar pimpinan dan Anggota Bapemperda dapat merumuskan dan menetapkan Perda tersebut,” ungkap Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme kepada wartawan di ruang kerjanya.

Dikemukakan, selama tahun 2021 Bapemperda belum bisa berbuat banyak karena memang Kabupaten Mimika tahun ini punya agenda padat seperti PON, Pesparawi, dan Konferda Gereja Kingmi.

Tidak saja Bapemperda, DPRD secara kelembagaan belum juga berbuat banyak untuk rakyat Mimika.

Dia berharap tahun 2022 mulai dengan program-program yang berpihak pada rakyat dengan orientasi pembangunan kampung atau distrik pedalaman dan pesisir.

Soal rencana perda usul inisiatif DPRD, jelas Aleks, anggota DPRD maupun Bapemperda dipersilahkan merancang Perda apa-apa.

“Usulan teman-teman dewan akan ditampung kemudian Bapemperda buat klasifikasinya mana yang mendesak dan mana yang tidak,” pungkasnya.

Untuk kepentingan pembahasan Perda, DPRD akan mengusulkan anggaran dalam dokumen APBD 2022 mendatang.

Selain itu, Badan Kehormatan juga harus ada kegiatan yang berkaitan dengan raport atau penjlian kinerja anggota dewan.

“Paling tidak Badan Kehormatan harus mulai dengan penegakan aturan terhadap kinerja DPRD. Dalam aturan mengenai fungsi dan tugas dewan kehormatan tinggal diikuti dan diterapkan Badan Kehormatan. Aturan bakunya sudah ada tinggal dijalankan di lapangan,” paparnya.(mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *