Wabup John Rettob : Semua Lapter di Pedalaman Mimika Mangkrak Karena Tidak Diperhatikan

by -
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob

Timika, fajarpapua.com – Wakil Bupati Mimika, John Rettob mengakui lapangan terbang (lapter) yang dibangun Pemda di daerah pedalaman dan pesisir Mimika dalam tiga tahun belakangan ini mangkrak karena tidak diperhatikan.

“Pemkab dibantu masyarakat sudah bangun Lapter di Jila, Bela, Alamah termasuk Hoeya tapi tidak dilanjutkan oleh Dishub dalam tiga tahun ini. Juga di Potowayburu dan Kapiraya lapter-lapter ini dibiarkan tanpa ada penanganan dari Dishub Mimika,” kata Wabup JR.

Dia menuturkan, akibat tidak terurus, fasilitas moda transportasi udara itu mangrak.

“Seharusnya dalam tiga tahun lapter yang ada dibenahi, fasilitas yang kurang dilengkapi, yang tidak ada petugas diatur sehingga operator penerbangan bisa layani secara rutin. Lapter yang punya UPT Kementrian Perhubungan hanya Lapter Kokonao dan Agimuga sementara yang lain harus diatur Dishub Mimika,” bebernya.

Yang disayangkan, jelas Wabup JR, kain untuk mengetahui arah angin saja tidak pernah dilakukan akibatnya pilot yang hendak mendarat hanya berdasarkan filling.

Tidak hanya Lapter, nasib sungai Mimika yang biasa dilalui speedboat maupun perahu nelayan juga dibiarkan begitu saja.

“Sama juga di wilayah pesisir kali-kali yang sebelumnya sudah normalisasi agar disaat air turun speedboat bisa lewat dan tidak harus menunggu air naik tapi sekarang susah karena kali-kali mulai lumpur lagi. Program normalisasi mestinya dilakukan kembali,” tukasnya.

Dishub kata Wabup JR, harus mengevaluasi secara rutin baik program yang di pedalaman maupun pesisir. (mar)

A valid URL was not provided.