BERITA UTAMAMIMIKA

Badai Petir dan Angin Kencang Ancam Timika, Penerbangan dan Pelayaran Terganggu

cropped cnthijau.png
11
×

Badai Petir dan Angin Kencang Ancam Timika, Penerbangan dan Pelayaran Terganggu

Share this article
Kapal penumpang KM Tatamailau saat sandar di Pelabuhan Pomako
Kapal penumpang KM Tatamailau saat sandar di Pelabuhan Pomako

Timika, fajarpapua.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi badai petir atau thunderstorm berpotensi mengancam wilayah udara Kabupaten Mimika.

Selain badai petir, angin kencang dengan kecepatan hingga diatas 10 Knot juga diprediksi terjadi disekitar perairan yang ada di Kabupaten Mimika.

Ads

Forcaster BMKG Mimika William Titahena saat ditemui fajarpapua.com Kamis (2/12) di Kantor BMKG Timika mengatakan, cuaca saat ini berpotensi hujan yang juga potensi menimbulkan badai petir (thunderstorm).

“Sore juga hujan tapi tidak sama dengan siang, Malamnya juga potensi hujan ringan, dini hari berawan, dini hari sebentar jam 12 malam sampai jam 7 pagi. ” katanya.

Selain itu, kecepatan angin di wilayah Timika yaitu 14 Km/jam untuk daratan dan 19 Km/jam untuk perairan, sehingga hal itu kemungkinan akan berpengaruh terhadap penerbangan maupun pelayaran di Kabupaten Mimika.

Dijelaskan William, angin di darat cenderung tidak signifikan, hanya sekitar 7-8 knot, sedangkan untuk lautan berada di sekitar 5-10 knot sehingga kecepatan angin dimungkinkan akan mengganggu dan pengaruh terhadap pelayaran.

“Jadi jika kecepatan angin 10 knot atau lebih itu akan sangat mengganggu dan berpengaruh, signifikan untuk pelayaran,” jelasnya.

Namun demikian berdasar data prakiraan cuaca yang diperoleh dari BMKG Wilayah 5 Jayapura disimpulkan saat ini laut masih aman untuk pelayaran karena perairan masih tenang. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *